Berita

Sosialisasi Hukum Humaniter Koopsau II

Dibaca: 10 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Pangkoopsau II : PERWIRA TNI AU JANGAN RAGU DALAM BERTINDAK

 

 

Panglima Komando Operasi TNI AU II (Pangkoopsau II) Marsekal Pertama (Masma) TNI R. Agus Munandar minta agar para Perwira TNI AU tidak lagi diselimuti keraguan dalam bersikap maupun bertindak di lapangan, khususnya yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai alat pertahanan menjaga kedaulatan wilayah udara nasional.

 

“Saya berharap pengetahuan hukum yang telah diperoleh, bisa menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas, sehingga kini harus ada kepastian sikap dan bertindak dari para Perwira TNI AU dalam menjalankan tugas di lapangan, baik dalam konteks latihan maupun pelaksanaan operasi udara yang sesungguhnya” kata Pangkoopsau II.

 

Pangkoopsau II menyatakan hal itu saat menutup Sosialisasi hukum Humaniter, HAM dan Hukum Udara bagi Perwira TNI AU di Markas Koopsau II, Kamis (6/5). Sebanyak 54 Perwira TNI AU yang ada di Makassar, seperti Makoopsau II, Kosek Hanudnas II, Lanud Sultan Hasanudin dan Batalyon 466 Paskhas, selama tiga hari telah mengikui acara yang terselenggara atas kerjasama antara TNI AU dengan The International Comitee of the Red Cross (ICRC). Tampak hadir, Kepala Staf (Kas) Koopsau II Marsma TNI Boy Syahril Qomar, SE, Pangkosek Hanudnas II Marsma NI John dalas Sembiring, pewakilan dari ICRC, serta para pejabat dan undangan lainnya.

Baca juga:  LANUD ASTRA KSETRA LAKSANKAN LOMBA MANCING

 

Pangkoopsau II mengatakan, dalam beberapa hal saat pelaksanaan operasi udara, para perwira sering dihadapkan dengan sikap keraguan dalam mengambil tindakan. Hal itu menurut orang nomor satu di Koopsau II ini karena belum tersosialisasi dengan baik hal-hal yang terkait dengan pengetahuan hukum Humaniter, Ham maupun hukum Udara di kalangan Perwira TNI AU.

 

Oleh karena itu, Pangkoopsau II menyambut positif dilakukanya sosialisasi hukum Humaniter, Ham dan hokum Udara bagi para Pewira TNI AU yang ada di Makasar. Dijelaskan, pembinaan bidang hukum udara saat ini telah menjadi kebutuhan mutlak bagi para Perwira TNI AU, khususnya mereka yang, selalu bersinggungan dengan tugas-tugas menjaga dan menegakkan kedaulatan wilayah udara yurisksi nasional.

 

“Saya berharap semua pengetahuan, wawasan bidang hukum serta contoh-contoh study kasus yang telah dipaparkan para nara sumber dan didiskusikan dengan para peserta dapat memberikan kepastian bertindak bagi para Perwira sekalian di lapangan” pinta Pangkoopsau II. Demikian, Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wibowo S.IP menginformasikan.

Baca juga:  Puskodal Koopsau I adakan Latihan Communication Tactical Data Link System (CTDLS)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel