Berita

SOSIALISASI JUKNIS TENTANG SUPERVISI AKADEMIS KODIKLATAU DI LANUD SULAIMAN

Dibaca: 140 Oleh 21 Feb 2018Tidak ada komentar
SOSIALISASI JUKNIS TENTANG SUPERVISI AKADEMIS KODIKLATAU DI LANUD SULAIMAN
#TNIAU 

TNI AU- LANUD SULAIMAN. Komandan Skadik 203 Letkol Lek Supriyadi mewakili Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Tyas Nur Adi,  mendampingi Kolonel Adm Nelson M. Noak (Paban II Dirum Kodiklatau) saat membuka sosialisasi petunjuk teknis tentang supervisi akademis Kodiklatau, Rabu pukul 09.00 WIB (21/02/2018), yang dilaksanakan di Ruang Rapat  Skadik 203 Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung.

Kepada 24 para tenaga pendidik yang diikutsertakan, Kolonel Adm Nelson M. Noak menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pedoman bagi satuan pendidikan jajaran Kodiklatau dalam penyelenggaraan supervisi akademis bagi tenaga pendidik. “ Sehingga penyelenggaraan supervisi akademis di lingkungan Kodiklatau dapat dilaksanakan dengan tertib, efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa supervisi akademis merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada tenaga pendidik agar dapat meningkatkan kualitas dalam melaksanakan tugas. Kegiatan dimaksud dijalankan oleh supervisor dengan memperhatikan dan menggunakan metode, teknik, kriteria, lingkup supervisi yang ditetapkan.

Baca juga:  100 PNS TNI AU Ikuti Diklat Alih Golongan

 Agar dapat melaksanakan supervisi akademis dengan baik maka diperlukan suatu metode supervisi yang terdiri dari metode invidual dan metode kelompok. Kegiatan supervisi akademis terhadap tenaga pendidik dilaksanakan oleh supervisor dengan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumen, demonstrasi menjagar, seminar/diskusi, pelatihan (workshop), yaitu pelatihan yang dilaksanakan melalui latihan ketrampilan terkait proses pembelajaran bagi tenaga pendidik, dan microtheacing (dilaksanakan dengan mensimulasikan proses pembelajaran dalam kelompok kecil untuk mendapatkan umpan balik dari kegiatan yang dilaksanakan.

Sosialiasi tersebut disampaikan pula oleh Kolonel Pnb M.J.Hanafie,S., Letkol Kes P. Silalahi, dan Letkol Sus Zendrato, yang secara garis besar memaparkan tentang tujuan supervisi, sasaran supervisi akademis, asas-asas supervisi akademis, ktriteria tenaga pendidik yang disupervisi, lingkup materi yang disupervisi meliputi kelengkapan paket instruksi, sistematika mengajar, kegiatan inti terdiri dari penguasaan materi, kelancaran penyajian, kejelasan uraian, teknik penyajian, tanya jawab dan motivasi, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan petunjuk teknis tentang supervisi akademis.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel