Berita

Sosialisasi Komponen Cadangan di Lanud Supadio

Dibaca: 28 Oleh 18 Mar 2021Tidak ada komentar
Sosialisasi Komponen Cadangan di Lanud Supadio
#TNIAU 

TNI AU.  Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (Mabesau) melalui Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau melaksanakan sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) di Graha Teddy Kustari (GTK) Lanud Supadio, Rabu (17/03/2021). Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Komandan Lanud Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Deni Hasoloan Simanjuntak dan segenap prajurit di jajaran Lanud Supadio. Selaku narasumber Paban IV/Komsosdirga Spotdirga Kolonel Pnb Bayu G.H. Kusuma dan Pabandyagarkomsos Paban IV/Komsosdirga Spotdirga Letkol Sus Abdullah.

Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak menjelaskan pertahanan negara tidak cukup ditangani hanya militer saja, namun setidaknya ada tiga pilar yang harus saling terkait yaitu pemerintah, rakyat dan militer.

“Pemerintah dengan rakyat diikat dengan simpul ideologi yaitu sebuah harapan yang dibangun bersama secara sadar, dengan memberikan kemampuan melalui pendidikan dan latihan agar dapat melaksanakan tugas pertahanan negara atau yang disebut bela negara.

Danlanud Supadio menambahkan pertahanan negara merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia untuk menjaga kedaulatan NKRI terhadap berbagai bentuk ancaman bagi keutuhan wilayah dan kedaulatan negara. Hal ini tercantum dalam undang-undang nomor 3 tahun 2002, bahwa komponen pertahanan negara terdiri dari komponen utama (TNI), komponen cadangan dan komponen pendukung.

Pada kesempatan yang sama, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Kusworo, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan Paban IV/Komsosdirga Spotdirga Kolonel Pnb Bayu G.H. Kusuma mengatakan personel TNI AU sebagai komponen dari kekuatan Angkatan Udara disamping menguasai penugasan bidang profesi juga diharapkan memiliki kemampuan teritorial aspek dirgantara sehingga satuan pelaksanaan dapat memanfaatkan potensi dirgantara yang ada di wilayahnya termasuk dalam rangka pembentukan komponen cadangan yang dicanangkan pada tahun 2022.

”Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi sarana komunikasi bertukar pikiran dan saling memberi masukan baik antara satuan maupun dengan Spotdirga selaku eselon pembantu pimpinan di tingkat Mabesau yang berkedudukan langsung di bawah Kasau dan diharapkan pembinaan potensi dirgantara di seluruh jajaran TNI AU dapat dilaksanakan secara optimal, efektif dan efisien,” kata Aspotdirga.

Sosialisasi Komponen Cadangan di Lanud Supadio

Sosialisasi Komponen Cadangan di Lanud Supadio

Sosialisasi Komponen Cadangan di Lanud Supadio

Sosialisasi Komponen Cadangan di Lanud Supadio

Baca juga:  Dankorpaskhas Ikuti Upacara Ziarah di TMP Kusuma Negara

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel