Berita

Sosialisasi Lambangja Di Lanud Rai : Cara Pemakaian Kompor Gas Yang Aman

Dibaca: 50 Oleh 12 Nov 2014Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Rabu, (12/11). Setelah apel pagi, bertempat dilapangan apel Mako Lanud Ngurah Rai dilaksanakan ceramah lambangja oleh Kapten Tek Muhajir Dwi A.N. dihadiri seluruh personel Lanud Ngurah Rai yang dilanjutkan dengan praktek cara penggunaan, pemeliharaan dan cara mengantisipasi apabila terjadi masalah terhadap pemakaian gas elpiji pada rumah tangga. Pada kesempatan tersebut Kalambangja bekerjasama dengan PT Multi Guna Sejati yang konsern terhadap bidang ini.

Pada kesempatannya Kapten Tek Muhajir menyampaikan bahwa banyak kasus kasus kebakaran misalnya., ledakan kompor gas terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang cara aman menggunakan kompor gas. Selama kita memperhatikan dan mengikuti panduan pemakaiannya dengan baik, resiko bahaya akan dapat diminimalisir.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran khususnya yang diakibatkan oleh kesalahan atau keteledoran penggunaan kompor gas hal hal yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu cara pemakaian yang baik meliputi cara pemasangan regulator ke tabung gas dengan membelakangi arah jalur keluarnya gas sehingga apabila terjadi kebocoran tidak mengenai pakaian orang yang memasangnya, dan pada saat menyalakan kompor api tidak merambat ke pengguna. Kemudian setelah pemasangan regulator ke tabung gas di cek kembali apakah terjadi kebocoran atau tidak, apabila tidak ada kebocoran maka kompor gas siap untuk digunakan. Dan yang terakhir adalah setelah pemakaian kompor sebaiknya katup untuk mengunci yang ada pada regulator di putar separuh dengan maksud adalah untuk menghentikan aliran gas yang ada di tabung menuju ke kompor dengan demikian gas aman untuk ditinggalkan kata kalambangja Lanud Rai.

Baca juga:  Sengketa Status Bandara Halim Selesai

Setelah penyampaian materi dilanjutkan praktek tata cara memasang regulator yang aman, cara mengantisipasi serta tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi kebocoran yang mengakibatkan kompor dan tabung gas terbakar yang langsung diperagakan oleh Bapak Mikael dari PT. Multi Guna Sejati di bantu oleh personel yang mengikuti ceramah lambangja untuk mencoba tindakan yang di peragakan.

Yang harus diperhatikan agar pengguna kompor gas khususnya personel Lanud yaitu cara pemakaian kompor gas, memilih regulator yang aman serta jangan panik apabila tabung gas terbakar karena yang meledak itu bukan tabungnya melainkan karena daerah sekitar tabung tertutup yang sudah dipenuhi oleh gas yang mengakibatkan terjadi ledakan hal yang harus dilakukan adalah bukan menyiram gas dengan air ataupun menutup dengan kain basah tetapi dengan melepas regulator yang ada ditabung untuk menyetop aliran gas yang keluar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel