Berita

Sosialisasi Netralitas TNI pada Pengamanan Pemilu di Makohanudnas

Sosialisasi Netralitas TNI pada Pengamanan Pemilu di Makohanudnas
#TNIAU 

TNI AU.  Kepala Staf (Kas) Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, M.M., membuka Sosialisasi Netralitas TNI pada “Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden” yang dilaksanakan Kohanudnas dan satuan jajaran TA. 2019, di gedung Leo Wattimena, Makohanudnas, Halim PerdanaKusuma, Jakarta Timur, Senin (28/1). Sosialisasi Netralitas TNI dihadiri Pangkosekhanudnas I Marsma TNI S. Chandra Siahaan, S.IP., M.Tr. (Han)., para pejabat Kohanudnas dan Kosekhanudnas I beserta seluruh anggota.

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda Imran Baidirus, S.E., dalam sambutannya yang dibacakan Kas Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, M.M., menyampaikan, “Berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI, Kohanudnas diharuskan menyiapkan diri untuk berperan aktif menyukseskan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden pada Bulan April 2019. Kohanudnas berkewajiban menjamin netralitas seluruh personel di jajarannya dan senantiasa siap dalam tugas perbantuan kepada Polri sehingga kegiatan Pemilu dapat berjalan dengan kondusif, aman dan lancar. Oleh karena itu, Kohanudnas sebagai salah satu komando utama operasi TNI perlu turut ambil bagian dalam event lima tahunan kenegaraan tersebut guna memelihara keamanan wilayah.” Tegasnya.

Sosialisasi Netralitas TNI ini dibagi tiga sesion dengan tiga pembicara, yaitu : Asops Kaskohanudnas Kolonel Pnb Yostariza, S.E., Kakum Kohanudnas Kolonel Sus Yuwono Agung, S.H., M.H., Asintel Kaskohanudnas Kolonel Sus Paulus Suhendrasmo, M.Sc. Pembahasan pertama mengenai “Netralitas TNI dalam Pemilu 2019” yang disampaikan oleh Asops KaskohanudnasKolonel Pnb Yostariza, S.E., disampaikan bahwa” Netralitas TNI adalah sikap TNI yang netral dalam kehidupan berpolitik dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. TNI harus netral karena TNI sebagai alat pertahanan negara yang berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.” Ucapnya.

Pada pembicara kedua tentang, “Pedoman Prajurit TNI dalam pelaksanaan Perbantuan Pengamanan Pemilu” oleh Kakum Kohanudnas Kolonel Sus Yuwono Agung, S.H., M.H., menyampaikan tentang “Aturan pelibatan Role Of Engadgement  (ROE) TNI kepada Polri termuat dalam Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/71/VIII/2011 tentang Perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka Kamtibmas. Perpang ini sebagai pedoman pelaksanaan tugas dalam menghadapi gangguan nyata yaitu: gangguan keamanan berupa kejahatan atau pelanggaran yang terjadi dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat berupa jiwa, raga, ataupun harta benda. Agar prajurit tidak ragu dalam bertindak dan tidak dipersalahkan telah melakukan pelanggaran hukum/HAM.” Tegasnya.

Di akhir kegiatan Asintel Kaskohanudnas Kolonel Sus Paulus Suhendrasmo, M.Sc., berbicara tentang Komunikasi Sosial (Komsos) disampaikan, Komunikasi Sosial itu penting karena prajurit TNI dalam melaksanakan tugas tidak bisa bekerja sendirian dan harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan seluruh komponen bangsa. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan Kohanudnas dalam Komsos kepada masyarakat antara lain Karya Bakti, Operasi Bakti dan Pembinaan Ketahanan Wilayah.  Mengantisipasi kerawanan sosial dalam Pemilu, beberapa kegiatan yang perlu dilakukan antara lain memelihara kondisi damai di masyarakat, mengembangkan musyawarah untuk penyelesaian perselisihan, meredam potensi konflik dan lainnya.

Kegiatan Sosialisasi Netralitas TNI pada “Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden” yang dilaksanakan Kohanudnas dan satuan jajaran TA. 2019 ini juga dilaksanakan oleh Kosekhanudnas I sampai dengan IV juga Pusdikhanudnas sebagai satuan jajaran Kohanudnas di wilayahnya masing-masing. Selain ceramah Netralitas TNI dalam Pemilu juga diadakan drill latihan penanggulangan huru-hara di masyarakat oleh Pasukan Anti Huru-Hara Kohanudnas dan satuan jajaran pada awal Februari 2019 mendatang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel