Berita

Sosialisasi Pengendalian Penggunaan Gas LPG di Lanud Sjamsudin Noor

Sosialisasi Pengendalian Penggunaan Gas Lpg Di Lanud Sjamsudin Noor
#TNIAU 

TNI AU.  Kasus ledakan tabung Gas LPG yang masih terus terjadi menimbulkan kecemasan bagi para penggunanya, terutama dari kalangan masyarakat awam, menyusul korban yang terus berjatuhan. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam penggunaan tabung gas khususnya bagi warga Lanud Sjamsudin Noor, Manajeman Multi Guna Sejati, Distributor, Service, Surveyor produk-produk LPG Kompor Gas, yang bekerjasama dengan Primkopau Lanud SAM memberikan sosialisasi tentang penggunaan dan perawatan tabung gas LPG secara benar dan aman kepada seluruh anggota Lanud SAM usai apel pagi di Halaman Masjid Nurul Iman Lanud SAM. Kamis, (1/8).

Penjelasan tersebut dimaksudkan untuk memberikan wawasan mengenai penggunaan tabung gas LPG sesuai dengan prosedur yang benar sehingga akan aman dan tidak mengalami kebocoran yang bisa menyebabkan pemborosan atau lebih besar lagi menyebabkan kecelakaan dan kebakaran.

Dalam kesempatan sosialisasi yang diadakan setelah apel pagi tersebut, Leader/Supervisor Multi Guna Sejati Bapak Yanuar beserta tim memberikan penyuluhan dan pengertian akan  pentingnya merawat dalam penggunaan tabung gas LPG sesuai prosedur yang benar. Disampaikan bahwa dalam menggunakan Regulator dan komponen lainnya, sebaiknya memiliki yang standar SNI. Pastikan regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG dapat terpasang dengan benar, tekanan yang ideal pada kompor harus berada pada posisi low pressure, sehingga bisa menghindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung agar dan dapat terhindar dari resiko meledaknya tabung gas LPG tersebut. Diakuinya, masih banyaknya para pengguna gas LPG yang belum mengetahui cara penggunaan LPG secara benar. Dia meminta pengguna gas LPG memastikan kondisi tabung dan regulatornya dalam keadaan baik dan berfungsi saat akan digunakan. Pengontrolan secara ketat, ventilasi dapur juga mendukung kenyamanan menggunakan LPG. Ventilasi dapur yang kurang juga bisa mencelakai pengguna tabung gas,” jelas dia,  untuk mencegah terjadinya kecelakaan, ujarnya.

Selain itu, dianjurkan agar kita selalu memperhatikan kondisi selang apakah retak atau tidak, selalu memeriksa hubungan selang karet saluran gas pada kompor dan regulator apakah tersambung sempurna, periksa gelang atau cincin karet karena meski ukurannya kecil perannya sangat besar dan pastikan selang masuk sedalam mungkin untuk mencegah kebocoran.

Komandan Lanud SAM Kolonel Pnb Riadi Widyoko mengatakan sangat mengapresiasi dengan diadakannya penyuluhan dan pemberian materi tentang penggunaan Gas LPG yang aman di Lanud SAM ini, dengan harapan semoga materi yang telah diberikan kepada seluruh anggota Lanud SAM dapat dipahami dan mengerti tentang tatacara atau prosedur penggunaan tabung gas LPG secara benar dan aman. Sehingga diharapkan tidak akan terjadi accident baik di lingkungan kedinasan maupun di rumah tangga.

Selain cara pemasangan regulator yang benar, para anggota Lanud SAM juga diajarkan cara mengatasi atau memadamkan kebakaran pada tabung gas LPG, apabila mendapati gas di dapur mengalami kebocoran jangan panic dan jangan pula berlari atau menyiram air apabila ada api yang keluar dari selang yang bocor, anda cukup mencabut regulator yang menancap pada tabung LPG maka api akan mati dengan sendirinya. Yang terpenting adalah menggunakan gas sangatlah mudah, harganya juga terjangkau dan lebih irit dibandingkan dengan penggunaan minyak tanah.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel