TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sosialisasi Penghapusan BMN di Lanud Tarakan

By 14 Mar 2018 Berita
BMN

TNI AU. Bertempat di ruang serbaguna mako Lanud Tarakan Kalimantan Utara,  Letkol Kal Ronald Hasudungan  beserta tim dari Mabesau melaksanakan sosialisasi penghapusan dan pemusnahan Barang Milik Negara serta asistensi penatausahaan Barang Milik Negara.

Dalam sambutannya Danlanud Tarakan Kolonel Pnb Mochammad Arifin yang dibacakan oleh Kadislog Letkol Kal Andi Muharram mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama BMN merupakan singkatan dari Barang Milik Negara di dalam UU No. 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dijelaskan bahwa yang dimaksud barang milik negara adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBN  dan perolehan lainnya yang sah.   Termasuk dalam pengertian perolehan lainnya yang sah, di dalam PP 6 tahun 2006 tentang Pengelolaan BMN disebutkan antara lain sumbangan atau hibah, pelaksanaan perjanjian/kontrak, ketentuan undang-undang, dan putusan pengadilan.

  Kaitan dengan hal tersebut maka hari ini Lanud Tarakan mendapatkan kesempatan untuk menambah pengetahuan mengenai tata cara untuk menghapus dan memusnahkan barang milik negara melalui paparan yang akan dilakukan oleh  Letkol Kal Ronald Hasudungan. Danlanud berharap  para personel Lanud Tarakan mendapatkan manfaatnya, karena praktek terbitnya keputusan penghapusan BMN tidak sederhana bagi instansi pemerintah, sebab konsekuensi penghapusan tersebut adalah membebaskan pengelola barang, pengguna barang dan kuasa pengguna barang dari tanggung jawab administrasi dan fisik atas barang yang berada dalam penguasaannya. Sehingga dari Mabesau memandang perlu penjelasan ini disampaikan secara langsung agar tidak terjadi kesalahan dan pemahaman tentang penghapusan Barang Milik Negara,  demikian menurut Danlanud Tarakan.

Pada akhir acara setelah paparan dilaksanakan ditutup dengan membuka ruang pertanyaan yang diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias sehingga tercipta diskusi yang menarik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sosialisasi Penghapusan BMN di Lanud Tarakan