Berita

Sosialisasi Program Asabri di Lanud Adisutjipto: Rencanakan Masa Depan, Mulai Sekarang

IMG-20181212-WA0010_1_
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.        Sebanyak 300 anggota Lanud Adisutjipto terdiri dari Personel militer, PNS dan Perwakilan PIA Ardhya Garini dari berbagai satuan kerja mengikuti sosialisasi Program Asabri yang di gelar di Gedung Serbaguna Adisutjipto, Rabu (12/12). Sosialisasi Program Asabri  dibuka oleh Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S., MM. dan dihadiri Bapak Adiyatmika selaku Direktur Operasi Pusat Asabri, serta Kepala Dinas Personel Kolonel Pnb Feri Yunaldi.

Dalam sambutannya Danlanud Adisutjipto menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi program Asabri. Danlanud berharap anggota dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan mengenai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi bagi kesejahteraan prajurit dan keluarganya.

Dalam kegiatan ceramah tersebut disampaikan profil Asabri serta dasar hukum berupa undang-undang yang mengikutinya. Kemudian disampaikan pula mengenai program yang ditawarkan oleh PT Asabri yaitu pelatihan wirausaha bagi anggota TNI dan Polri yang memasuki persiapan pensiun, dalam hal ini merangkul mitra kerja seperti pihak perbankan Indonesia.

Lebih lanjut dijabarkan program dan iuran Asabri. Yakni, tabungan hari tua (THT), jaminan kecelakaan kerja (JKK), ini diluar tugas latihan dan operasi, serta jaminan kematian dan pensiun. “Tabungan Hari Tua adalah tabungan yang berasal dari peserta dan pemerintah selaku pemberi kerja dan pengembangannya,” ujar Adiyatmika, SE, “Komponen-komponennya adalah Tabungan Asuransi, Nilai Tunai Tabungan Asuransi, Biaya Pemakaman Peserta Pensiun; Biaya pemakaman Isteri atau Suami serta Biaya Pemakaman Anak”, tandasnya.

Sesi kedua diisi oleh PT Reksadana Bahana yang menyampaikan produk reksadana Bebas yaitu produk investasi Program Purnabakti  Sejahtera peserta Asabri yang dikelola oleh manajer investasi professional di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bahana TCW. Reksadana ini dirancang khusus untuk meningkatkan kesejahteraan purnabakti prajurit TNI, anggota Polri, dan ASN Kemhan/ Polri yang masih aktif dengan minimum sisa masa kerja lima tahun.

Kegiatan sosialisasi juga diisi dengan sesi  tanya-jawab dari beberapa anggota Lanud Adisutjipto, tentang keberadaan Asabri dan dukungannya bagi keluarga besar TNI dan Polri serta Aparatur  Sipil Negara (ASN).

Leave a Reply