TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sosialisasi Revitalisasi DAS Citarum Di Lanud Husein Sastranegara

By 22 Mar 2018Berita
REVITALISASI

TNI AU. Seperti kita ketahui bersama pada tahun 2017 lalu, Bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo mencanangkan revitalisasi daerah aliran sungai Citarum sepanjang 270 Km yang melintasi 12 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.    Hal tersebut dikatakan Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb M. Iman Handojo, S.IKom pada sambutannya dalam acara sosialisasi Revitalisasi sungai Citarum yang dilaksanakan oleh Ketua Sektor IX Revitalisasi sungai Citarum Kolonel Inf Saal’ Maaruf, bertempat di Gedung Graha Antariksa, Rabu (21/3). Acara ini dihadiri oleh perwakilan personel Koharmatau, Makorpaskhas, Seskoau, Dislitbangau, Lanud Husein Sastranegara, Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Lanud Sulaiman, Pusdiklat Paskhas, Wingdiktekkal serta Lafiau.

Danlanud dalam sambutannya menjelaskan sungai Citarum memiliki nilai strategis, karena di daerah aliran sungai Citarum, sebanyak 27 juta jiwa penduduk, khususnya Jawa Barat dan sebagian penduduk Jakarta, tergantung dari air yang berasal dari daerah aliran sungai Citarum, serta merupakan sumber pemasok untuk tiga waduk yaitu Saguling, Cirata dan Jatiluhur untuk menghasilkan energi listik sebesar 20 Ribu Megawatt.

“Oleh karena itu Revitalisasi daerah aliran sungai (DAS) Citarum bukanlah pekerjaan mudah yang dapat diselesaikan, hanya dalam hitungan hari, bulan, bahkan tahun, sehingga perlu dilaksanakan secara berkesinambungan dan terintegrasi oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga, pemerintah kabupaten dan kota. Sehingga hasilnya yang dicapai akan tepat sasaran”, terang Danlanud.

Senada dengan Danlanud menurut Ketua Sektor IX Revitalisasi Sungai Citarum Kolonel Inf Saal’ Maaruf menjelaskan peran serta masyarakat dari program Citarum harum ini sangat dibutuhkan, terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan, ekosistem yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum sehingga tercipta lingkungan yang menjadi bersih dan lebih sehat. Saya yakin dan percaya hasil kerja keras kita dalam Merevitalisasi daerah aliran sungai (DAS) Citarum, hasilnya akan dinikmati oleh anak dan cucu kita kelak dikemudian hari.

Sosialisasi Revitalisasi DAS Citarum Di Lanud Husein Sastranegara