Berita

SOSIALISASI RUU KOMPONEN CADANGAN DAN KURIKULUM

Dibaca: 30 Oleh 18 Nov 2011Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Mokh. Mukhson beserta 15 perwira Lanud Sjamsudin Noor mengikuti sosialisasi rancangan undang-undang (RUU) komponen cadangan dan kurikulum pendidikan latihan dasar militer calon anggota komponen cadangan bertempat di ball room Hotel Arum Banjarmasin, Kamis (17/11).

Sosialisasi disampaikan oleh Brigjen TNI Santoso yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Komponen Cadangan, sebagai ketua tim, Kolonel Kav Suherman Saputra dan Kolonel Laut Kosim Sunar Hadi yang menjabat sebagai Analis madya matra Laut Kemhan RI.  

Adapun materi yang diberikan antara lain;

1.   Rancangan undang-undang RI tentang komponen cadangan pertahanan negara,

2.   Pola pendidikan dan pelatihan dasar kemiliteran calon anggota komponen cadangan, yang terdiri dari:

 

  • Pokok-pokok pendidikan dan pelatihan dasar kemiliteran. 
  • Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dasar kemiliteran. 
  • Tataran kewenangan penyelenggaraan.

 

Dijelaskan bahwa Hakekat Komponen Cadangan adalah merupakan salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara serta pemanfaatan sumberdaya alam, sumberdaya buatan, sarana dan prasarana nasional dalam usaha pertahanan negara. Sedangkan tujuan pembentukan Komponen Cadangan adalah untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Tentara Nasional Indonesia sebagai Komponen Utama dalam upaya penyelenggaraan pertahanan negara.

Baca juga:  KOMANDAN LANUD ABD SALEH SERAHKAN DANA KOPERASI

Sosialisasi tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberikan gambaran tentang RUU komponen cadangan dan kurikulum Diklat Sarmil calon anggota komponen cadangan untuk mendapatkan saran, masukan dan pendapat dari peserta sosialisasi sebagai bahan pertimbangan pimpinan untuk sempurnanya RUU komcad dan kurikulum diklat sarmil calon anggota komponen cadangan.

Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat TNI (AD,AL,AU) wilayah Propinsi Kalsel dan diikuti oleh !00 Perwira dari kesatuan TNI (AD,AL,AU) Propinsi Kalsel dan 4 orang Kesbang Linmas Propinsi Kalsel.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan diakhiri dengan menyanyikan lagu wajib Padamu Negeri dan ditutup dengan do’a.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel