TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sosialisasi Safety Riding dan Driving di Lanud Sulaiman

By 01 Mar 2019 Berita
john_1

DSC_0067

TNI AU.  Personel Lanud Sulaiman termasuk skadik-skadik dan para pejabat di jajaran lanud, serta perwakilan dari satuan samping seperti Makorpaskhas, Pusdiklat Paskhas, Depohar 40 dan 70, para siswa dari SMK I Angkasa Lanud Sulaiman, serta perwakilan komunitas pengendara motor Harley Davidson  mengikuti ceramah sosialisasi safety riding dan driving yang disampaikan Kasubdit Kamsel Ditlantas  Polda Jabar, Kompol Maria Horet Hera,S.H., Kasi Dikmas Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jabar, Kompol Elin Herlina, S.H., beserta tim nara sumber lainnya termasuk dari PT. Astra Honda Motor bertempat di Gedung Cendrawasih Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung. Jumat (1/3).

DSC_0212

Komandan Lanud Sulaiman  Kolonel Pnb B.Benny K,SH.,MAvMgt.,MAIR dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Operasi Letkol Lek Supriyadi menyatakan bahwa kewaspadaan berkendara menjadi hal yang utama, dan sebaiknya sebelum melakukan  berkendara, para pengendara wajib mengasah keahlian, kemampuan, dan pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan benar. “Minimnya pengetahuan tentang safety riding dan safety driving dalam mengemudikan kendaraan  menjadi faktor utama dalam kecelakaan lalu lintas,” kata Kadisops.

Disampaikan pula bahwa sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian pada keselamatan dan keamanan berkendaraan, Lanud Sulaiman  telah  menerapkan aturan berkendara dengan batas maksimum kecepatan 40 km/jam. Selain itu, turut pula menggalakkan dan mendukung gerakan millenial road safety festival. “Satuan polisi militer Lanud Sulaiman selama ini juga telah secara periodik dan berkala  melakukan pemeriksaan surat – surat kelengkapan berkendara bagi para pengendara guna meminimalisir  pelanggaran dalam berlalu lintas,” jelas Kadisops.

Sementara itu Kasubdit Kamsel Ditlantas  Polda Jabar, Kompol Maria Horet Hera,S.H., dalam paparan singkatnya menyampaikan pernyataan WHO-PBB bahwa korban kecelakaan lalu lintas menduduki urutan ke-5 jumlah manusia yang meninggal dunia setelah penyakit jantung koroner, paru-paru, diabetes, dan TBC. Dijelaskan pula tentang lima pilar keselamatan jadi acuan pemerintah Indonesia yang dituangkan  dalam Inpres nomor 4 tahun 2013, amanat UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 203 yang menyatakan bahwa pemerintah bertanggung jawab atas terjaminnya keselamatan berlalu lintas.

Dalam pelaksanaan reformasi, birokrasi menetapkan 4 program unggulan  sebagai quick wins salah satunya quick response untuk menciptakan  kamseltibcarlantas. Program kerja korlantas polri road safety menuju zero  accident sebagai berkelanjutan tahun keselamatan  untuk kemanusiaan.

Acara  penyematan pin sebagai duta tertib  lalu lintas diserahkan kepada perwakilan  pejabat Lanud Sulaiman, perwakilan dari Satpom  dan pelajar SMK Angkasa 1   dilanjutkan dengan praktek di Lapangan Staf II Lanud Sulaiman sebagai akhir dari sosialisasi Safeti Riding di Lanud Sulaiman.

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Sosialisasi Safety Riding dan Driving di Lanud Sulaiman