Berita

Sosialisasi SPIP Dari Tim Itjenau di Lanud Abdulrachman Saleh

Dibaca: 12 Oleh 28 Agu 2020Tidak ada komentar
Sosialisasi SPIP Dari Tim Itjenau di Lanud Abdulrachman Saleh
#TNIAU 

TNI AU.   Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Marsma TNI Hesly Paat menerima Tim Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau SPIP yang diketuai Asbin Itjenau di Gedung Binayudha, Kamis (27/8). Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah merupakan amanat dari UU Nomor 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara dan PP Nomor 20/2008 tentang SPIP yang mewajibkan setiap instansi pemerintah untuk menyelenggarakan SPIP. Sosialisasi diikuti oleh para pejabat list A dan para perwira perwakilan dari staf yang ada di Lanud Abdulrachman Saleh.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, menyampaikan dengan dicanangkannya Pembangunan Zona Integritas bagi instansi-instansi pemerintah, terdapat tahap lanjutannya seperti Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). SPIP adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundangan-undangan. “Bagaimana mekanisme kerja beberapa unsur dalam SPIP akan disosialisasikan oleh Tim Itjenau, untuk itu, ikutilah sosialisasi dengan seksama dan penuh rasa keingintahuan agar memahami dan mampu menerapkannya di staf masing-masing”, ujar Danlanud Abdulrachman Saleh.

Baca juga:  Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W Tahun 1441 H di Sekkau

Sementara itu Asbin Itjenau Kolonel Adm Dwi Dedy Gunawan menyampaikan Sosialisasi SPIP di Lanud Abdulrachman Saleh merupakan sosialisasi ke-2 yang dilaksanakan oleh Itjenau setelah yang pertama di Lanud Rusmin Nurjadin, Pekanbaru Riau. SPIP dilaksanakan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good government)  dan bersih (clean government). Di harapkan ke depan akan menjadi budaya di tiap satuan, sehingga kinerja TNI AU khususnya dan TNI umumnya  akan meningkat. Untuk itu, tiap satuan wajib menyelenggarakan SPIP secara utuh.

Sedangkan Letkol Sus Benecdiktus T.E.P., Pabandya Anev Itjenau dalam paparannya menyampaikan secara menyeluruh mengenai apa itu SPIP, dasar hukum  dan penerapannya, hambatan dan hal-hal terkait lainnya.  Usai sosialisasi diadakan tanya jawab dengan para peserta

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel