TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sosialisasi Stratifikasi Doktrin Dan Petunjuk Di Lanud Sulaiman

By 08 Mar 2018Berita
025._08-03-18_SOSIALISASI_DOKTRIN

TNI AU. Jajaran Kodiklatau yang dipimpin Kolonel Sus Drs. Robby Machmud F.,M.AP selaku Paban I/ Dok Ditdok beserta staf memberikan sosialisasi stratifikasi doktrin dan  petunjuk kepada 70 orang perwakilan para personel Lanud Sulaiman dan jajaran skadik baik militer maupun PNS, Kamis (8/3), yang dilaksanakan di ruang rapat Skadik 203 Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung.

Perubahan Kodikau menjadi Kodiklatau tertuang dalam peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 62 tahun 2016 tentang  perubahan atas Peraturan Presiden nomor 10 tahun 2010 tentang susunan organisasi Tentara Nasional Indonesia, khususnya pasal 170. Selanjutnya, pengukuhan Kodikau menjadi Kodiklatau tertuang dalam keputusan Kepala Staf Angkatan Udara nomor Kep/581/VIII/2016 tentang pengukuhan organisasi Komando Pendidikan TNI AU (Kodikau) menjadi Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Kodiklatau) tanggal 26 Agustus 2016.

Demikian sambutan yang disampaikan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Tyas Nur Adi yang dibacakan Komandan Skadik 203 Letkol Lek Supriyadi  pada pembukaan sososialisasi yang selanjutnya juga menyampaikan bahwa dengan perubahan dan pengembangan Kodikau menjadi Kodiklatau maka pembinaan doktrin dapat dilaksanakan secara terpusat sehingga mempermudah pemahaman dan sosialisasi bagi seluruh personel TNI AU, penyelenggaraan  latihan  dari  semua strata  mulai  tingkat  satuan, kotama, dan TNI AU dapat dilaksanakan secara terpusat dan berkesinambungan.

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh para nara sumber yang dilanjutkan dengan penyampaikan materi tentang stratifikasi doktrin dan petunjuk yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan pula pemahaman tentang apa itu doktrin, kegunaan dan sifat doktrin, faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan doktrin, perbandingan stratifikasi petunjuk TNI yang lama dan baru, bagan petunjuk TNI/ Angkatan yang baru berdasarkan Keputusan Panglima TNI No. Kep/829/X/2016 tgl 10 Oktober 2016 tentang Strategi dan Peta Petunjuk di Lingkungan TNI, bedah doktrin yang terbagi atas Doktrin TNI, Doktrin Angkatan, Doktrin Operasional, dan Doktrin Taktis serta paradigma stratifikasi doktrin dan petunjuk yang dalam proses penyempurnaan strata dan peta petunjuk TNI/Angkatan  memiliki orientasi utama, yaitu lancar dan optimal dalam setiap kegiatan serta penjelasan lainnya yang berkaitan dengan doktrin dan petunjuk.

Sosialisasi Stratifikasi Doktrin Dan Petunjuk Di Lanud Sulaiman