Berita

SOSIALISASI TENTANG ZAKAT DI LANUD EL TARI OLEH DEPARTEMEN AGAMA NTT

Dibaca: 5 Oleh 23 Mei 2011Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Lanud EL Tari laksanakan ceramah sosialisasi tentang zakat dengan penceramah Dra. Hj. Ening Murtiningsih M.pd, dari Departemen agama Nusa Tenggara Timur bertempat di ruang Brifing Lanud El Tari Kupang, Senin (23/5). Hadir dalam ceramah Dan Lanud El Tari Letkol Nav Joko Winarto, SE dan seluruh Stafnya yang beragama Muslim.

Ceramah tersebut bertujuan memsosialisasikan tentang Zakat dan bagaimana cara penyaluranya, kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara yang ingin menyalurkan sebagian hartanya untuk di salurkan bagi mereka yang berhak menerimanya.

Pengertian Zakat dalam Al-Qur’an sebagai sumber dan dalil hokum islam yang pertama dan utama Al-Qur’an Al-Kasim memunculkan empat istilah atau term yaitu, Zakat, Infaq, sodaqah, haq yang artinya dalam (surat al-Hajj yat 78).dan berjihatlah kamu pada jalan Alloh dengan Jihat yang sebenarnya. Dia telah memilih kamu dan dia sekaliu-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.(ikutilah) agama orang tuamu.

Zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim untuk memberikan sebagian hartanya bagi kaum yang berhak menerimanya. Undang-undang nomor 39 tahun 1999 membagi katagori zakat yaitu zakat emas dan perak, zakat perdagangan dan perusahaan, zakat hasil pertanian, hasilperkebunan,hasilperikanan, zakat pertambangan, zakat hasil peternakan, zakat pendapatan dan jasa, zakat rikaz.

Baca juga:  PERSONEL TNI AU MEDAN LAKSANAKAN DONOR DARAH

Selanjutnya penceramah menjelaskan untuk untuk katagori Emas dan perak nisab 94 gram kadar 2,5% yaitu jika dijadikan investasi tidak termasuk perhiasan yang dipakai dalam jumlah yang wajar, perak setara 94 gram emas, untuk uang tunai setara 94 gram emas kadarnya 2,5%; untuk binatang ternak nisab 40-120 ekor. Zakat harta diwajibkan hartanya setelah memenuhi syarat tertentu, sedangkan zakat Fitrah makanan pokok yang dikeluarkan oleh seorang muslim setelah berlalunya bulan suci romadhan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel