Berita

Sosialisasi UU Pramuka di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 6 Oleh 01 Okt 2012Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Pen Adi. Sejak dicanangkannya Revitalisasi Gerakan Pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda oleh Presiden Republik Indonesia pada tahun 2006 lalu, saat ini telah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan. Ki Drs. Sutikno, Sabtu (29/9) mengungkapkan hal tersebut dalam acara Silaturahmi dan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka ke Satuan Karya Pramuka Tingkat Daerah tahun 2012 di Pangkalan Udara Adisutjipto.

“Di samping revitalisasi Gerakan Pramuka, pemerintah juga telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Melalui Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010, kedudukan dan peranan Gerakan Pramuka semakin bertambah kokoh,” tegas Ki Drs. Sutikno.

Ki Drs. Sutikno menambahkan, tujuan Gerakan Pramuka, sebagai gerakan pendidikan non formal, dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama, yaitu untuk membentuk watak, kepribadian dan pekerti kaum muda yang tangguh sebagai kader bangsa pada masa depan. Untuk itu diperkenalkanlah sejumlah nilai-nilai, seperti yang tercantum dalam Trisatya dan Dasa Darma. Kedua, sebagai sarana meningkatkan kecakapan hidup kaum muda untuk bekal di masa depan. Untuk itu dilatihkanlah sejumlah keterampilan, sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan peserta didik.

Baca juga:  Lanud Surabaya Mengadakan Event Fun Bike

Sementara, Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Abdul Muis melalui Kepala Dinas Operasi Kolonel Pnb Minggit Tribowo mengharapkan melalui pelaksanaan sosialisasi Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, nantinya akan dapat berguna bagi upaya pemantapan karya para anggota Pramuka, khususnya Saka Dirgantara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel