Berita

Sosialisasi Wasev Binpotdirga di Lanud Sulaiman

Dibaca: 12 Oleh 05 Agu 2021Tidak ada komentar
DSC 0405
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM. Letkol Adm Haliansyah,S.T., M.M., selaku Kepala Dinas Personel Lanud Sulaiman menerima Paban I/Spotdirga Kolonel Pom Kabul Suryanto Hendro sebagai nara sumber dari Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) TNI AU, dalam acara Sosialisasi Pengawasan dan Evaluasi Pembinaan Potensi Dirgantara  ((Wasev Binpotdirga) yang dilaksanakan di gedung Shelter Aeromodelling, Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung.Kamis (05/08)

Kadispers menyampaikan terima kasih kepada Paban I Spotdirga yang telah berkenan memberikan sosialisasi tentang wasev binpotdirga.”Melalui sosialisasi ini diharapkan para personel Lanud Sulaiman akan mampu memahami apa itu pengawasan evaluasi potensi dirgantara, memiliki pengetahuan dan kemampuan pemahaman tentang aspek dirgantara, sehingga dapat memanfaatkan potensi dirgantara yang berada di wilayah Lanud Sulaiman,” kata Kadispers menyampaikan harapannya.

Sementara itu Aspotdirga KSAU  Marsma TNI Kusworo, S.E., M.M., dalam sambutan tertulisnya yang  dibacakan Paban I Sptodirga  menyatakan bahwa dilaksanakannya wasev di Lanud Sulaiman dilatarbelakangi beberapa alasan, yaitu memelihara tradisi, meningkatkan jiwa juang dan pengabdian prajurit serta meningkatkan kepedulian prajurit TNI AU di Lanud Sulaiman terhadap kondisi masyarakat yang berada di wilayah kota Bandung pada umumnya dan masyrakat yang berada di sekitar lanud khususnya.

Paban I Spotdirga selaku pemateri menyampaikan pokok bahasan melalui paparan yang disampaikan kepada perwakilan personel Lanud Sulaiman yang meliputi materi gambaran umum tentang perkembangan era globalisasi ancaman saat ini terkait dengan peran TNI AU yang bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara berupa kegiatan di bidang potdirga. Uraian tentang tugas TNI AU berdasarkan UU RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI Pasal 10, tugas dan fungsi spotdirga, potensi dirgantara, komponen pertahanan negara yang meliputi komponen cadangan dan komponen pendukung.

Dipaparkan pula tentang struktur organisasi binpotdirga berdasarkan Kep Pang TNI no.37 tahun 2016 tentang POP Spotdirga dan Kep KASAU no. 20 tahun 2016 tentang POP Spotdirga. Spotdirga meliputi bidang ketahanan wilayah dirgantara, komunikasi sosial, bakti TNI AU, perbatasan wilayah udara, supervisi terhadap puspotdirga, Diskum dan Dispen TNI AU, perencanaan, dan kemampuan potensi dirgantara.

Pada kesempatan tersebut dipaparkan pula tentang konsep dan prosedur pelibatan sumber daya nasional sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung matra udara. Strategi pertahanan negara dan bela negara berdasarkan UU no. 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk pertahanan negara dan PP no.3 tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan UU no. 23 tentang PSDN untuk pertahanan negara.

#Sulaimanberiman(bersih,integritas,nyaman)

Baca juga:  SURVIVAL DASAR SURYA SAKTI 2012

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel