Berita

Sosialisi Hukum Humaniter di Lanud Rembiga

Dibaca: 10 Oleh 11 Jan 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Dalam rangka mempersiapkan prajurit TNI AU yang paham hukum, Lanud Rembiga menyelenggarakan Sosialisasi Hukum Humaniter untuk membekali para personelnya (11/1). Sosialisasi yang disampaikan Kakum Lanud Rembiga Lettu Sus Dedy Setiawan, SH. ini bertujuan untuk membekali para personel Lanud Rembiga agar setiap tindakan yang dilakukan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, dan memberikan pedoman kepada setiap prajurit TNI AU dalam bertindak dan menghilangkan keragu-raguan serta mencegah pelanggaran hukum akibat kesalahan prosedur atau cara bertindak dalam pelaksanaan tugas di daerah operasi.

Selain itu TNI Angkatan Udara sebagai alat pertahanan negara mempunyai tugas menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, harus memahami hukum humaniter dalam menghadapi tugas khususnya Operasi Militer Perang (OMP) baik yang bersifat internasional maupun non internasional dengan senantiasa memperhatikan aspek hukum dan etika dalam konflik bersenjata.

Disamping itu, Kakum Lanud Rembiga juga menjelaskan tentang prinsip-prinsip hukum humaniter antara lain prinsip pembedaan, kepentingan militer, dan penderitaan yang tidak perlu serta tujuan hukum humaniter yang memberikan perlindungan terhadap kombatan maupun penduduk sipil dari penderitaan yang tidak perlu, menjamin HAM yang sangat fundamental bagi mereka yang jatuh ke tangan musuh dan mencegah dilakukannya perang secara kejam tanpa mengenal batas.

Baca juga:  KASAU WISUDA 226 AHLI MADYA POLTEKES TNI AU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel