Berita

Sosilalisasi Komcad Matra Udara di Lanud Sulaiman

Dibaca: 591 Oleh 20 Des 2021Tidak ada komentar
IMG 1247
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM. Bertempat di lapangan tembak Makorpaskhas Cimariuk, Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, Sabtu, (18/12/2021), Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mokh. Mukhson, S.E.,M.M., membuka sosialisasi komponen cadangan matra udara yang diikuti 66 orang dari PT.  Agra Dipa Raharja Red Guard Security.

Danlanud Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa lahirnya komcad adalah untuk kepentingan pertahanan negara. Komcad dimobilisasi bila negara dalam keadaan genting. Anggota komcad harus selalu siaga jika dipanggil negara. Komcad dimobilisasi  oleh Presiden dengan persetujuan DPR, yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI.

Demikian penekanan Danlanud  sesuai dengan apa yang pernah disampaikan oleh Presiden RI pada saat upacara penetapan 3.103 komponen cadangan di Pusdiklatpassus, Bandung Barat, pada tanggal 7 Oktober 2021 yang lalu. “Meski dilaksanakan dalam waktu yang tidak lama, semoga materi pembekalan yang diberikan kepada para peserta sosialisasi dapat bermanfaat sebagai tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan kebangsaan bela Negara,” kata Danlanud . 

Presiden Direktur PT.  Agra Dipa Raharja Red Guard Security, Bpk. Sonnij, S.H.,M.H.,  pada kesempatan tersebut menyatakan terima kasih kepada Danlanud Sulaiman dan perangkatnya yang telah memberi kesempatan kepada personel PT. Agra Dipa Raharja Red Guard Security untuk mengikuti sosialasi komcad matra udara di Lanud Sulaiman.

Baca juga:  LETKOL PNB DODI FERNANDO DANLANUD ASTRA KSETRA

Para peserta pada kesempatan tersebut mendapat materi pembekalan berupa wawasan nusantara dan bela negara yang disampaikan oleh Kapten Pas M. Basid, pengetahuan senjata dan teori menembak, praktek menembak senapan 50 meter, dan praktek menembak pistol 20 meter.  Praktek menembak terbagi dalam dua sesi. Setiap petembak, yang terbagi lima orang, baik senapan maupun pistol untuk jarak 50 meter dan 20 meter didampingi oleh satu orang Range Officer (R.O.) . Total peluru yang digunakan dalam menembak perorangnya 10 peluru. Dua peluru digunakan untuk percobaan, masing empat peluru digunakan untuk penilaian pertama dan kedua. Selesai menembak, para petembak menuju safety area.

Komcad dilaksanakan berdasarkan UUD 1945 pasal  9 ayat (1), pasal 27 ayat (3), pasal 30 ayat (1), telegram Aspotdirga Kasau nomor T/88/2021 tentang pelaksanaan sosialisasi komcad matra udara, program kerja Pangkalan TNI AU Sulaiman bidang Binpotdirga tahun anggaran 2021, dan surat perjanjian kerja sama Nomor PKS/52/XII/KUM tentang perjanjian kerja sama Sosialisasi Komponen Cadangan Matra Udara.

Baca juga:  PRAJURIT TNI ANGKATAN UDARA ZIARAH KE TAMAN MAKAM PAHLAWAN PANAIKKANG

Pada kesempatan tersebut Presdir PT. Agra Dipa Raharja Red Guard Security menyerahkan cendera mata kepada Komandan Lanud Sulaiman dilanjut dengan melakukan foto bersama. Selain Komandan Lanud Sulaiman dan Presdir PT.  Agra Dipa Raharja Red Guard Security, hadir pula pada kesempatan tersebut para kepala dinas Lanud Sulaiman, Komisaris PT.  Agra Dipa Raharja Red Guard Security, Bpk. Suparno, S.H., Dansatpomau Lanud Sulaiman, dan para undangan lainnya.

# Sulaiman Beriman (Bersih, Integritas, Nyaman)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel