Berita

STASIUN PENGENDALI UTAMA SATELIT CIBINONG TERBAKAR

Oleh 13 Apr 2012 No Comments
#TNIAU 

Stasiun Pengendali Utama Satelit (SPU) PT. Telkom Indonesia Tbk Cibinong hancur dan terbakar setelah mendapat serangan udara yang dilancarkan oleh tiga pesawat tempur sergap F-16 Figting Falcon. Pesawat-pesawat tempur itu berhasil menjatuhkan roket dan bom tepat pada sasaran, mengakibatkan sebagian gedung hancur dan menimbulkan kebakaran hebat begitu pula jaringan komunikasi lumpuh total.

Serangan udara yang berlangsung sangat cepat tersebut, membuat panik para personel SPU Cibinong yang saat itu sedang melaksanakan aktivitas rutin. Mereka berhamburan lari keluar gedung untuk mencari tempat yang aman sekaligus mencari perlindungan untuk mengantisipasi terjadinya serangan udara susulan. Akibat serangan pesawat tersebut, beberapa staf Stasiun Pengendali Utama Satelit Cibinong mengalami luka-luka. Petugas Security SPU Cibinong, dibantu oleh petugas Puskesmas, Polsek dan Koramil Kelapanunggal bergerak cepat memberikan pertolongan kepada para personel yang terjebak dalam reruntuhan bangunan. Mereka yang mengalami luka berat maupun luka ringan segera dilarikan ke Puskesmas Jatinunggal untuk mendapat perawatan.

Demikian skenario Latihan Pengamanan Pertahanan Udara Ibukota (Latpamhanud Ibukota) Tahun 2012 yang dilaksanakan selama tiga hari dari mulai tanggal 10 sampai 12 April 2012 , dengan lokasi di Arhanudse 10/F Bintaro, Stasiun Pengendali Utama Satelit (SPU) PT Telkom Indonesia Tbk Cibinong, Popunas Kohanudnas di SOC Kosekhanudnas I dan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Latihan Pam Hanud Ibukota Tahun 2012 dilaksanakan untuk pembinaan kesiapan personel unsur Tempur Sergap, unsur Penindak Low Speed, Satuan Radar serta Dahanud yang dibawah kendali operasinya. Selain itu, latihan ini juga merupakan salah satu untuk meningkatkan profesionalisme personel dalam mengaplikasikan Prosedur Tetap Pertahanan Udara Nasional. Sedangkan tujuannya untuk mewujudkan sistem pengamatan dan penangkalan yang andal terhadap setiap bentuk ancaman kekuatan udara asing di wilayah operasi Kosekhanudnas I, menguji kesiapan Kosekhanudnas I beserta unsur operasional dalam jajarannya dalam menghadapi kontijensi di wilayah udara masing-masing, dan mewujudkan sistem penangkalan serta penindakan yang andal di wilayah udara tanggung jawab Kosekhanudnas I tertutama terhadap Low Speed Threat.

 

Foto : Penkohanudnas

Baca juga:  Sat Bravo 90 Melaksanakan Uji Kesiapan Operasi

Komentar