Berita

STOP KDRT Wujudkan Keluarga Sakinah

Dibaca: 20 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Menyambut hari ulang tahunnya yang ke-53, Persatuan Istri Angkatan Udara (PIA) Ardhya Garini Bakorcab Madiun, mengadakan berbagai kegiatan diantaranya ceramah bidang hukum dengan pembicara Mayor Sus M. Isa Soneth,S.H., Kaurlahgakkum, Staf Hukum Lanud Iswahyudi yang mengambil tema STOP Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Gedung Graha Dewanto, Selasa (11/8).

 

Dalam ceramahnya, Mayor Sus M. Isa Soneth, S.H., menyampaikan, bahwa yang dimaksud dengan KDRT adalah segala bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh suami terhadap istri yang berakibat menyakiti fisik, psikis, seksual dan ekonomi. Selain itu hubungan antar suami dan istri diwarnai penyiksaan secara verbal, tidak adanya kehangatan emosional, ketidaksetiaan dan menggunakan kekuasaan untuk mengendalikan istri.

 

Dikatakan, penyebab terjadinya kekerasan suami terhadap istri antara lain disebabkan adanya keyakinan bahwa laki-laki harus kuat, berani dan tidak toleran, sehingga memposisikan laki-laki dan perempuan tidak setara dalam masyarakat serta adanya budaya bahwa laki-laki dianggap superior dan perempuan inferior.

 

Sedangkan solusi untuk mengatasi kekerasan terhadap istri adalah perlu digalakannya pendidikan mengenai HAM dan pemberdayaan perempuan; menyebarkan informasi dan mempromosikan prinsip hidup sehat, anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta mengadakan penyuluhan untuk mencegah kekerasan. Sedangkan untuk pelaku dan korban, sebaiknya mencari bantuan kepada psikolog untuk memulihkan kondisi psikologisnya. Suami dan istri juga perlu untuk terlibat dalam terapi kelompok untuk melakukan sharing sehingga menumbuhkan keyakinan bahwa perkawinan yang sehat adalah dilandasi oleh rasa saling empati. Apabila solusi ini berhasil dilakukan, maka akan terwujudlah keluarga sakinah yang diidamkan oleh setiap anggota keluarga.

Baca juga:  PEGAWAI PLN IKUTI ASSESSMENT TEST DI LANUD SULAIMAN

 

Ceramah bidang hukum dihadiri oleh Ketua PIA Ardhya Garini Bakorcab Madiun Ny. Crisanti Poeri B. Samoedro, Ketua PIA AG Cabang 8/G III Depohar 20, Ketua PIA AG Cabang 4/G III Depohar 60, Ketua PIA AG Ranting jajaran Lanud Iswahjudi dan Insub, Pengurus dan anggota PIA Ardhya Garini Lanud Iswahjudi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel