Berita

STRESS ?? TANAMLAH POHON !!

Dibaca: 4 Oleh 22 Jul 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Sebanyak delapan puluh batang pohon kembali ditanam oleh personel Lanud Husein Sastranegara di sekitar wilayah pangkalan dalam rangka turut memperingati Hari Bakti TNI AU yang ke-64, Rabu (21/7).

Atas komando Kepala Dinas Personel Lanud Husein, Letkol Adm Dadang Kosasih, para Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS langsung bergerak menuju titik sasaran penanaman setelah pelaksanaan apel pagi.   Wilayah yang dihijaukan adalah seputaran jalan tempat transit bila ada latihan penerjunan, seberang pagar landasan, atau sekitar Sathar 11 Depohar 10.    Penanaman pohon ini bertujuan untuk penghijauan lahan serta sebagai kantong oksigen sehingga dapat memberikan kesegaran kenyamanan, dan keindahan lingkungan. Selain itu, juga dapat menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

Jenis pohon yang ditanam adalah pohon Mahoni 40 batang, pohon Kersen sebanyak 20, dan pohon Sukun 20 batang.    Mahoni merupakan pohon penghasil kayu keras dan digunakan untuk keperluan perabot rumah tangga serta barang ukiran.   Biji mahoni dapat digunakan sebagai bahan pengobatan berbagai jenis penyakit antara lain penyembuh Malaria, Diabetes, Kurang Nafsu Makan, dan Rematik.

Baca juga:  Jalin Silaturahmi Melalui Olah Raga Bersama

Pohon Sukun atau kadang ada yang menyebutnya pohon timbul, umumnya adalah pohon tinggi dan dapat mencapai 30 meter.  Mempunyai buah tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai “buah roti” atau breadfruit.

Pohon kersen memang bukan pohon yang dapat tumbuh tinggi menjulang dan besar, maksimal hanya setinggi 12 meter, namun pohon ini memiliki tajuk yang lebar dan biasanya digunakan sebagai pohon peneduh jalan. Selain itu di beberapa tempat kayunya digunakan sebagai kayu bakar dikarenakan kayunya lunak dan mudah kering.  di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebanyak 9 butir 3 kali sehari hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.

Manfaat nyata lainnya menanam pohon adalah bertambahnya pemandangan ruang hijau sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja, dan penyembuhan. Pemandangan vegetasi dan air telah di buktikan mengurangi stres, meningkatkan penyembuhan, dan mengurangi penderita frustasi dan agresi.

Baca juga:  Kasau Tinjau Kesiapsiagaan Lanud Supadio

Oleh karena itu, marilah menanam pohon selain menghijaukan bumi, paling tidak kita menabung oksigen untuk anak cucu kelak.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel