Berita

STUDY TOUR SMP 3 CIPUNAGARA, SUBANG KE LANUD SURYADARMA

Dibaca: 76 Oleh 01 Jul 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Sekitar 50 siswa-siswi kelas 7 dan 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) 3 Cipunagara bersama empat gurunya melaksanakan study tour ke Pangkalan TNI AU Suryadarma (Lanud) Suryadarma, Subang, Rabu (30/6). Study Tour diikuti oleh para pengurus organisasi ekstrakulikuler sekolah seperti OSIS, PMR dan Paskibraka dengan tujuan wisata sejarah yaitu melihat dari dekat lokasi-lokasi bersejarah di Subang seperti Lanud Suryadarma dan Museum Rumah Sejarah Kalijati.

Menurut Aam Suradi, S.Pd., ketua rombongan yang mengurusi kesiswaan dan guru pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, study tour dilaksanakan ke Lanud Suryadarma untuk mengetahui dari dekat tempat-tempat yang bernilai sejarah di Subang karena selama ini hanya dikenal melaui buku-buku pelajaran saja. Oleh karena itu, walaupun menempuh jarak yang cukup jauh dari Cipunagara-Kalijati (sekitar 2 jam perjalanan), tidak menyurutkan rombongan tersebut untuk melihat tempat bersejarah yang ada di Lanud Suryadarma.

Sebagai obyek kunjungan pertama rombongan adalah melihat dari dekat Museum Amerta Dirgantara Mandala di Lanud Suryadarma tempat koleksi beberapa pesawat tua TNI AU juga Pesawat Gelatik dan Glider untuk kegiatan olah raga terbang layang. Mereka menerima penjelasan dari Kepala Museum Amerta Dirgantara Mandala Mayor Adm Sodikin mengenai museum tersebut dan seluk-beluk untuk menjadi anggota TNI AU. Hal ini dijelaskan karena di museum tersebut terdapat ruangan Sejarah Sekolah Penerbang Militer Indonesia yang menyimpan beberapa dokumentasi perjalanan Sekolah Penerbang TNI termasuk Sekolah Penerbang TNI AU saat ini.

Baca juga:  ASINTEL KAS KOOPSAU II DIGANTI

Tidak ketinggalan mereka juga mengunjungi Museum Rumah Sejarah Kalijati , sebagai puncak kunjungan. Di museum tersebut siswa-siswa SMP 3 Cipunagara mendapatkan penjelasan dan pemandu museum PNS Andam Fitria mengenai awal kedatangan Jepang ke Kalijati yang dimulai dengan pendaratan pasukannya di Pantai Eretan Wetan, Indramayu pada 1 Maret 1942 untuk menuju ke sasaran penyerbuan pangkalan udara Kalijati, Subang sebagai basis Tentara Udara Belanda. Setelah penyerbuan awal tersebut akhirnya terjadi pertempuran, pengejaran dan akhirnya perundingan karena kekalahan Belanda atas Jepang di salah satu rumah dinas perwira udara Belanda di pangkalan udara Kalijati tanggal 8 Maret 1942. Museum Rumah Sejarah Kalijati tersebut hingga kini masih kokoh dan terawat dengan menyimpan beberapa koleksi seperti foto-foto sejarah, meja-kursi tempat perundingan, beberapa benda sejarah peninggalan penghuni rumah.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel