Pustaka

Suara Angkasa Edisi Januari 2012

Dibaca: 15 Oleh 21 Feb 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 
Suara Angkasa Edisi Januari 2012

Dari Redaksi, Ketika majalah Suara Angkasa sampai di tangan para pembaca, tidak terasa tahun sudah berganti dari 2011 menuju 2012. Seperti lazimnya kebanyakan di masyarakat kita, dan tidak terkecuali di keluarga besar TNI AU, pergantian tahun senantiasa diidentikkan dengan harapan baru atau bahkan semangat baru. Kondisi ini sebenarnya wajar saja, karena sebagai makhluk sosial, manusia secara kodrati memang cenderung tertarik dengan hal-hal baru.

Berkaitan dengan tahun baru 2012, dalam edisi kali ini, redaksi Suara Angkasa mencoba menurunkan artikel-artikel yang mengulas tentang hal-hal baru di TNI AU, baik yang terkait dengan pembentukan satuan baru, alutsista baru ataupun isu-isu baru lainnya. Tanpa disadari, di penghujung 2011 yang berarti awal 2012 ada beberapa satuan baru yang berdiri/diresmikan, sebut saja Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Satrad (Satuan Radar) 245 Saumlaki, Maluku Tenggara serta aplikasi operasi informasi dalam latihan TNI AU Angkasa Yudha 2011. Oleh karena itu, tulisan tentang Skadron Udara 45, menjadi laporan utama edisi kali ini. Melalui penulisan yang lugas, redaksi mencoba membedah latar belakang dan tujuan pembentukan Skadron Udara 45, yang nota bene merupakan “pecahan” dari Skadron Udara 17 VIP/VVIP. Keberadaan Skadron Udara 45 memang tergolong unik, selain pengoperasiannya di bawah “komando” Sekmilpres, Skadron ini juga khusus mengoperasikan Helikopter untuk mendukung kegiatan presiden/wakil presiden.

Baca juga:  K. 56

Selain Skadron Udara 45, Suara Angkasa edisi kali ini juga mengulas keberadaan Satrad 245 Saumlaki, di Maluku Tenggara yang merupakan Satrad terbaru di jajaran Kohanudnas. Redaksi juga mencoba menyajikan tulisan tentang aplikasi operasi informasi dalam latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha 2011, yang merupakan kegiatan baru dalam latihan. Akhirnya, redaksi mengucapkan selamat membaca dan selamat tahun baru 2012.*

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel