Pustaka

Suara Angkasa Edisi Juli 2013

Oleh 27 Jan 2016 Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 
Suara Angkasa Edisi Juli 2013

Dari Redasi 

Pembaca yang Budiman 

Setiap kali berjumpa dengan bulan Juli, keluarga besar TNI AU kembali diingatkan dengan sebuah peristiwa heroik yang sarat dengan nilai-nilai kejuangan, keberanian dan semangat rela berkorban dari para pelopor TNI AU. Heroisme pada 29 Juli 1947 itu, yang kini kita kenal sebagai Hari Bakti TNI AU, diawali dengan keberhasilan tiga kadet penerbang membombardir markas penjajah Belanda di Semarang, Salatiga dan Ambarawa di pagi hari dan diakhiri dengan gugurnya tiga perintis TNI AU saat pesawat yang ditumpangi dalam sebuah misi kemanusiaan membawa obat-obatan ditembak jatuh oleh pesawat militer Belanda di Ngoto, Yogyakarta. 

Sebuah perjuangan terlebih lagi mempertahankan kedaulatan negara tentunya tidak mengenal kata sia-sia. Apapun risiko yang bakal dihadapi, sekalipun nyawa taruhannya, semangat perjuangan seperti yang telah ditunjukkan para perintis TNI AU enam puluh enam tahun lalu itu, tentunya bukan pekerjaan sia-sia, oleh karenanya perjuangan mereka patut mendapat apresiasi. Terlepas dari besar kecilnya efek yang ditimbulkan, apa yang telah dilakukan layak menjadi suri teladan bagi generasi penerus TNI AU. 

Untuk melihat seberapa jauh aplikasi nilai-nilai kejuangan itu di kalangan prajurit TNI AU saat ini, redaksi mencoba menggali pendapat dari beberapa tokoh dan pakar, baik dari kalangan militer maupun sipil. Beberapa wawancara singkat yang redaksi lakukan, dapat disimak dalam Berita Utama dan Laporan Khusus. Selanjutnya dari rubric Opsdiklat, redaksi menurunkan laporan tentang keberadaan Satgas info dalam konteks operasi dan latihan TNI AU. 

Dari rubrik Iptek, dapat disimak seputar perkembangan teknologi helikopter Cougar, sebuah Alutsista baru yang akan memperkuat TNI AU pada tahun 2014. Selanjutnya dari rubrik profil satuan dapat disimak tentang wajah baru kurikulum pendidikan di AAU. Selain itu tidak kalah menarik untuk disimak rubrik Lambangja, Hukum, Psikologi, Sertijab, cerpen, berita daerah, warta mancanegara, kesehatan dan sejarah. Akhirnya redaksi mengucapkan selamat menyimak, semoga makna Hari Bakti TNI AU tahun ini, dapat menjadi inspirasi bagi seluruh prajurit TNI AU beserta keluarganya, dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan tugas prajurit di satuan masing-masing.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel