Pustaka

Suara Angkasa Edisi Oktober 2013

Oleh 27 Jan 2016 Tidak ada komentar
Suara Angkasa Edisi Oktober 2013
#TNIAU 
Suara Angkasa Edisi Oktober 2013

Dari Redaksi

MEMODERNISASI ALUTSISTA 

Sesuai rencana strategis Memodernisasi Alutsista TNI AU bakal terwujud pada tahun 2014 mendatang. Pasalnya, pada tahun itu sebagian besar Alutsista yang sudah direncanakan pemerintah (cq. Kemenhan) untuk TNI AU akan lengkap. Sehingga diperkirakan pada tahun 2016 mendatang TNI AU akan memiliki kemampuan yang sangat signifikan. 

Dalam tahun ini saja, sudah puluhan pesawat dari berbagai jenis, terus berdatangan. Sebut saja yang paling anyar adalah pesawat latih tempur T-50i Golden Eagle, kemudian juga pesawat latih dasar Grob G120 TP. Beberapa waktu sebelumnya juga sudah datang pesawat angkut ringan C-295, selanjutnya pesawat tempur ringan EMB -314 Super Tucano dan bahkan untuk pesawat Sukhoi, tahun ini sudah lengkap enam belas pesawat. Diluar itu akan segera datang pesawat F-16 dan C-130 Hercules. Sebuah kabar yang sangat membanggakan kita semua, Layaknya surprise, maka dalam suasana memperingati HUT TNI yang ke-68, pada bulan Oktober ini, rasanya tepat kalau kabar itu tak ubahnya sebuah kado terbaik buat TNI AU khususnya maupun TNI dan bangsa Indonesia umumnya. 

Terkait dengan itu, redaksi mencoba mengangkat profil T-50i Golden Eagle sebagai laporan utama edisi ini. Sebagai Alutsista baru, layak kiranya pesawat buatan Korea Selatan ini diketahui para prajurit TNI AU khususnya dan keluarga besar TNI AU pada umumnya. Isu baru yang juga sedang hangat di TNI AU saat ini adalah penerimaan Taruni (Karbol Wanita AAU) yang mana untuk tahun ajaran 2013 AAU sudah menerima dua belas Taruni, sehingga isu ini kami turunkan sebagai laporan khusus. 

Belum lengkap rasanya bila kita juga tidak ikuti rubrik-rubrik lain yang menarik pada edisi ini. Dari rubrik Iptek, dapat disimak tentang perkembangan IT yaitu yang menyangkut jaringan informasi global. Selanjutnya dari rubric Opsdiklat, pembaca dapat mengenal lebih dekat serunya latihan Joint Fighter Weapon Course yang dilaksanakan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru antara TNI AU dengan RSAF. Untuk rubrik sejarah dapat disimak tentang kiprah TNI AU (AURI) dalam operasi Kalong tahun 1967. 

Selain rubrik-rubrik tersebut, tidak kalah penting untuk disimak adalah profil Lanud Wirasaba, yang kini tampil lebih smart. Untuk menambah informasi dari daerah dan mutasi pejabat TNI AU, pembaca juga dapat menyimak rubrik berita daerah dan rubrik Sertijab. Jangan lewatkan juga rubric lainnya, seperti Cerpen, Bintal, Hukum, Kesehatan dan Psikologi. Akhirnya redaksi mengucapkan selamat membaca dan Dirgahayu TNI. 

Semoga semangat ulang tahun kali ini, akan selalu menjadi inspirasi kita untuk terus memajukan TNI AU yang sangat kita cintai dan banggakan bersama.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel