Berita

Super Tucano Operasi Udara Di Ranai

Dibaca: 5 Oleh 18 Des 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Satu Flight pesawat EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang melaksanakan operasi udara di Lanud Ranai, Natuna Kepri, Sumatra, Kamis (16/12). Selama satu minggu kedepan pesawat Super Tucano akan melaksanakan operasi pengamanan wilayah udara nasional.

Komandan Lanud Ranai Letkol Pnb Muhammad Nurdin didampingi Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Dedy Iskandar mengatakan, pelaksanaan latihan operasi udara di Natuna ini merupakan wujud peran TNI AU dalam meningkatkan pertahanan di Lanud terdepan yang mempunyai tanggung jawab mengamankan kedaulatan NKRI.

Sementara itu Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Dedy Iskandar menjelaskan selama dalam melaksanakan operasi pengamanan wilayah udara, apabila diperlukan oleh pimpinan terhadap obyek yang harus diamankan, maka dapat langsung dilaksanakan, karena operasi ini juga sebagai detern terhadap pelanggaran wilayah udara nasional oleh pesawat asing.

Menurut Danlanud Ranai, operasi pengamanan wilayah udara yang dilaksanakan ini, disamping untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa TNI AU sangat peduli terhadap keamanan wilayah udara Indonesia, juga agar masyarakat dapat mengenal lebih dekat tentang TNI AU.

Baca juga:  Pangarmatim Kunjungi Kosekhanudnas II

Gelar operasi udara yang dilaksanakan di Natuna dalam satu tahun tergantung kebutuhan/obyektif, namun setiap saat para penerbang-penerbang tempur ini yang selalu siap 24 jam. Terkait operasi radar yang dilaksanakan sepanjang tahun, apabila Satuan Radar melihat adanya pelanggaran wilayah udara nasional mereka akan melaporkan kesatuan atas yang kemudian ditindaklanjuti pula sesuai dengan aturan yang berlaku, ujarnya.

Operasi udara yang dilaksanakan di Natuna antara lain, operasi pengamanan Alur Laut Kawasan Internasional (ALKI), operasi angkutan udara, operasi patroli udara dan operasi pengamanan perbatasan, tambah Danlanud.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel