Berita

Survei Terpadu HIV dan Perilaku di Lanud Sulaiman

Dibaca: 10 Oleh 28 Jun 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Survei terpadu HIV dan perilaku tahun 2012 dari Kemhan (Kementrian Pertahanan) Jakarta digelar di gedung Balai Prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman, Kamis (28/6) dengan diikuti kurang lebih 153 personel.

Tim tersebut diawaki 16 personel yang tergabung dalam tiga angkatan, yaitu TNI Angkatan Darat, Laut, dan Udara dengan Letkol Kes Yuli Subiakto (dari Angkatan Udara) sebagai ketua tim. Sedangkan, ketua tim dari Lanud Sulaiman dipimpin oleh Karumkit Lanud Sulaiman Kapten Kes dr. Dayanti, Sp. Pat (patologi).

Survei terpadu HIV dan perilaku tersebut terdiri dari 80 orang personel TNI Angkatan Darat dan 153 orang personel TNI Angkatan Udara ( 15 orang dari Paskhasau, 35 orang dari Lanud Husein termasuk Koharmatau dan Dislitbangau, serta 102 orang dari Lanud Sulaiman termasuk jajaran Skadik).

“Hasil dari Survei terpadu ini bersifat rahasia dan bila dalam hasil tersebut ada anggota yang terpapar HIV akan segera ditindaklanjuti untuk langkah pengobatan. Meskipun untuk saat ini HIV adalah suatu penyakit yang belum ada obatnya, “ jelas Letkol Kes Yuli Subiyakto sebagai ketua tim survei terpadu.

Berkembangbiaknya virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) didalam tubuh manusia menyerang sel darah putih (sel CD4) sehingga mengakibatkan rusaknya sistem kekebalan tubuh. Hilangnya atau berkurangnya daya tahan tubuh membuat si penderita mudah sekali terjangkit berbagai macam penyakit termasuk penyakit ringan sekalipun.

Baca juga:  Personel Lanud HND Gelar Donor Darah untuk Masyarakat Sulbar yang Terdampak Bencana

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel