TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Survival Merupakan Tahap Akhir Ground School.

By 11 Apr 2017Berita
1280px-Photo_20031215_122634

Latihan dasar survival, diberikan kepada para siswa Sekbang dengan maksud untuk membekali para calon air crew tentang pengetahuan dan ketrampilan dasar bagi setiap individu agar mampu mempertahankan hidup di darat maupun di air apabila terjadi suatu accident penerbangan. Demikian sambutan Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir. Nonyan Samyoga, MM. saat memimpin Upacara pembukaan latihan Survival Sekolah PSDP A-31, Sekbang Angkatan 94. Selasa 11/4, bertempat di lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto.

Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan bahwa Maksud dan tujuan dilaksanakannya latihan survival ini adalah untuk membekali para calon Airman tentang pengetahuan dan keterampilan dasar bagi kemampuan setiap individu untuk mempertahankan hidup di darat maupun di air yang diakibatkan oleh suatu risiko penerbangan.

Menurutnya kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan wawasan bagaimana memanfaatkan berbagai potensi dan kekayaan alam di daerah latihan untuk dimanfaatkan dalam upaya mempertahankan hidup sampai dengan mendapatkan pertolongan yang diharapkan, imbuh Danlanud

Sementara Komandan Skadik 104 Letkol Pnb. Didik Setia Nugraha, selaku Komandan Latihan menyampaikan bahwa latihan Dasar Survival merupakan tahapan akhir dari kegiatan Bina Kelas (ground school), sebelum melaksanakan praktik terbang yang sesungguhnya. Dengan berakhirnya latihan tersebut maka siswa Sekbang angkatan 94 tersebut akan mulai melaksanakan Latihan Bina Terbang yang sangat mereka tunggu-tunggu.

Selain itu, latihan tersebut merupakan kegiatan yang penting dan wajib diikuti. yang telah ditetapkan melalui kurikulum yang sudah ada. Oleh karena itu, setiap siswa baik siswa Sekbang harus melaksanakan dengan baik dan dinyatakan lulus, papar Danskadik 104..

Sementara Wakil Komansan Latihan, selaku Koordinator Lapangan, Mayor Pnb. Dian Bashari menyampaikan latihan survival tersebut pada dasarnya merupakan aplikasi dari materi yang diterima para siswa di kelas dan merupakan tahapan baru sebelum memasuki rangkaian kegiatan selanjutnya.

Mayor Pnb. Dian Bashari menambahkan latihan survival ini bawah kendali Skadron Pendidikan 104, sebelumnya para siswa sekbang akan menerima latihan pra survival dasar pada tanggal 12 hingga 14 April mendatang bertempat di Jaz Skadik 104, Berbah dan Denhanud Paskhas 474.

Sedangkan kegiatan latihan survival bagi siswa Sekbang Angkatan 94 ini akan dilaksanakan di Waduk Sempor Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen dan Purbalingga, serta Lanud Sudirman Wirasaba, tanggal 17 hingga 20 April 2017, dengan materi seperti jalan peta, kompas, naik turun gunung, pelolosan dan penghinadaran, survival, bertahan diri, makan ular tumbuhan, hoisting, sar air dan sar hutan, imbuh mayor Pnb Bashari.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Waka RSPAU Hardjolukito, Kadisops, Kadislog, Para Komandan Satuan, Para Kasi dilingkungan Lanud Adisutjipto

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Survival Merupakan Tahap Akhir Ground School.