Berita

SUSPA INSPEKTOR LAIKUD LATTIS KE KEMHAN

Dibaca: 186 Oleh 23 Okt 2012Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Kursus Perwira Inspektor Kelaikan Udara (Suspa Inspektor Laikud) angkatan ke-13 melaksanakan Latihan Taktis (Lattis) ke Kementerian Pertahanan (Kemhan), baru-baru ini. Pendidikan ini diikuti sebanyak 15 Perwira siswa yang dilaksanakan di Skadik 301 Wingdiktekkal selama 3 bulan dan lattis selama tujuh hari di tiga tempat antara lain Pusat Kelaikan Badan Sarana Pertahanan (Puslaik Baranahan) Kementerian Pertahanan, Depo Pemeliharan 10 Lanud Husein Sastranegara dan PT. Dirgantara Indonesia.

Dalam kegiatan lattis di Puslaik Baranahan Kemhan, para Perwira siswa didampingi Komandan Wingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc, Mayor Tek Priyo dan Mayor Tek Bambang Supriyadi mendapat sambutan yang baik dari Kapuslaik Baranahan Kemhan Brigjen TNI Agus Suyarso, Kabidlaikud Kolonel Tek Sunardi, Analis Madya Kolonel Tek Zuhdizul, Letkol Tek Catur M. Aji dan Letkol Tek B.R.P. Sianturi.

Danwingdiktekkal mengatakan melalui kegiatan ini para siswa bisa menggali informasi-informasi seputar masalah kelaikan udara, sehingga dapat di-combine dengan ilmu pengetahuan yang diberikan di Wingdiktekkal. “Inilah dapur Kemhan yang cukup strategis dalam kancah sertifikasi kelaikan udara di Indonesia ini, dan diharapkan diskusi ini bisa menciptakan interaksi yang positif dan konstruktif guna memperbanyak kasanah ilmu pengetahuan siswa sekalian.”, jelasnya.

Baca juga:  Lanud Leo Wattimena Adakan Karya Bakti Dan Fogging Massal Di Desa Mandiri

Dalam kegiatan diskusi, Brigjen TNI Agus Suyarso mengatakan bahwa kelaikan merupakan jaminan terpenuhinya aspek atau faktor keselamatan serta fungsi azasinya dari suatu komoditi untuk pertahanan Negara atau militer sesuai dengan rancangannya terutama rancang bangun. Lebih lanjut dengan mengutip UU RI No.1/2009 tentang Penerbangan, dikatakan bahwa kelaikan udara adalah terpenuhinya persyaratan design tipe pesawat udara dan dalam kondisi aman untuk beroperasi. Hal serupa dikatakan Letkol Tek B.R.P. Sianturi dengan menjelaskan sekilas mengenai Indonesian Military Airworthiness Authority (IMAA), bagaimana prinsip penyelenggaraan sertifikasi kelaikan udara, apa sasaran dari sertifikasi kelaikan udara tersebut dan juga lingkup kerja kelaikan udara.

Melalui forum diskusi ini, para siswa sangat antusias mengikutinya. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari para Perwira siswa seperti Kapten Tek Ekvan asal satuan Sathar 024 Lanud Atang Sendjaja, Kapten Tek Yanwar asal satuan Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma, Kapten Tek Wawan asal satuan Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara mengenai masalah kelaikan udara.

Baca juga:  ANGGOTA LANUD SUPADIO LARI SIANG

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel