Berita

Suspajemen A-18 Tes Kesamaptaan Jasmani

Dibaca: 176 Oleh 14 Mar 2017Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

“Samapta” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunya arti “siap siaga” sehingga tes samapta bagi prajurit dapat diartikan tes untuk mengetahui kesiapsiagaan seseorang agar dapat melaksanakan aktifitas tertentu yang memerlukan ketahanan fisik. Demikian yang dijalani Pasis Suspajemen Angkatan ke-18 hari ini, Selasa (14/3) saat melaksanakan tes Samapta bertempat di Makodiklatau, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Disaksikan Kepala Dinas Operasi Sekkau, Letkol Pnb Hilman Zaeni dan Komandan Korps Siswa Sekkau, Letkol Pnb Andi Nur Abadi, ST., 43 orang Pasis Suspajemen termasuk 5 orang Wanita Angkatan Udara (Wara) menjalani Samapta dengan 2 kategori yaitu Garjas “A” dan Garjas “B”.

Tes samapta sesuai kurikulum pendidikan Suspajemen merupakan upaya untuk mengetahui perkembangan kebugaran fisik para Pasis Suspajemen dari awal hingga akhir pendidikan. Pada pelaksanaan Garjas “A” para Pasis diharapkan dalam waktu yang ditentukan selama 12 menit dapat menempuh jarak 2.400 meter dengan berlari. Sedang Garjas “B” yang terdiri dari Pull Up, Sit Up dan Push Up, para Pasis diberikan waktu 1 menit untuk setiap item, serta Shuttle Run yang merupakan tes ketangkasan dengan cara berlari sprint membentuk angka 8 melewati 2 tiang berjarak 10 meter. Pada tes item terakhir ini, penilaian berdasarkan waktu yang dicapai dengan nilai Pass In Grade adalah 22,0 detik.

Baca juga:  SKADRON UDARA 12 IKUTI PRA LATGAB TNI

Pada kesempatan tersebut, mengawali pelaksanaan tes samapta Dankorsis memberikan pengarahan kepada para Pasis Suspajemen untuk melaksanakan tes samapta jasmani dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, dengan tetap menjaga keselamatan diri.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel