Berita

Taklimat Awal Tim Itjen Kemhan RI di Makoopsau II

DSC_7228_1_
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.  Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementrian Pertahanan RI melaksanakan Taklimat Awal di Makoopsau II sebagai rangkaian kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) di Markas Komando Operasi TNI Angkatan Udara II Makassar dan Lanud Jajaran. Kedatangan Tim Itjen Kementrian Pertahanan RI dipimpin oleh Inspektur Keuangan Itjen Kementrian Pertahanan RI Brigjen TNI  Dwi Mastono, S.E., M.M. dan diterima oleh Pangkoopsau II Marsda TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. didamping oleh Kas Koopsau II dan  para Asisten Koopsau II, Danlanud Sultan Hasanuddin, Danlanud ABD Saleh yang diwakili oleh Kadislog, Danlanud Mulyono Surabara dan para pejabat staf Koopsau II, di Ruang Rapat Surya Dharma Makoopsau II, Senin (17/9). 

Pangkoopsau II Marsda TNI Fadjar Prasetyo, SE., M.P.P. dalam sambutannya mengatakan bahwa kedatangan Tim Wasrik Itjen Kemhan RI ke Makoopsau II, sungguh merupakan kehormatan bagi kami. selain sebagai  ajang silaturahmi, kegiatan ini tentu saja sekaligus akan menjadi sarana evaluasi kinerja Koopsau II dan jajaran. Dari kegiatan wasrik akan diketahui permasalahan-permasalahan yang ada, termasuk juga berbagai kegiatan yang sudah, sedang maupun akan dilaksanakan oleh Koopsau II.  Untuk itu secara pribadi saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Tim Wasrik Itjen Kemhan RI yang telah memilih Koopsau II dan jajaran sebagai obyek wasrik. Seperti kegiatan wasrik pada umumnya, maka sasaran utama wasrik  kali  ini  adalah kegiatan pemanfaatan barang milik negara di jajaran Koopsau II.

 Lebih lanjut Pangkoopsau II mengatakan bahwa meskipun selama ini kami telah berusaha bekerja dengan seoptimal    mungkin, namun kami menyadari masih banyak kekurangan, baik dalam penafsiran maupun aplikasi terhadap peraturan-peraturan yang ada. oleh   karena itu, kehadiran Tim Wasrik, saya nilai sangat penting sebagai langkah yang positif dalam rangka mewujudkan tertib kerja serta transparansi dan akuntabilitas satuan, agar kedepan, kinerja Makoopsau II dan  jajaran dapat lebih optimal. Harapan kami, kiranya kedatangan Tim Wasrik akan menjadi pemicu semangat untuk lebih meningkatkan kinerja dan pencapaian sasaran sesuai tugas pokok Koopsau II dan  jajaran, lebih-lebih bila dikaitkan dengan semangat transparansi dan      reformasi birokrasi saat ini, maka     kegiatan wasrik saya nilai menjadi sesuatu yang sangat penting dalam rangka memberikan feed back positif terhadap pelaksanaan tugas satuan.

 Untuk itu kepada jajaran Koopsau II yang menjadi obyek wasrik, saya minta untuk terbuka dalam menyajikan data, berikanlah pelayanan yang baik dengan selalu mengembangkan sikap koperatif dan transparan, agar sasaran kegiatan  wasrik  dapat tercapai dengan  lebih optimal.

 Sementara Irjen Kementrian Pertahanan RI dalam sambutannya yang disampaikan oleh Inspektur Keuangan Brigjen TNI Dwi Mastono, S.E., M.M.  mengungkapkan bahwa pengawasan dan pemeriksaan terhadap pemanfaatan asset BMN dilingkungan Koopsau II oleh Itjen Kemhan adalah yang pertama kali dilaksanakan pada TA. 2018 ini. Pemanfaatan BMN dilingkungan Kemhan dan TNI dilakukan dalam rangka meningkatkan penerimaan negara dan menjalankan tugas pemerintahan sebagai pelaksana kewajiban pelayanan umum. Status Penggunaan BMN ditetapkan oleh pengelola barang yaitu Menteri Keuangan, penetapan status penggunaan tanah dan/atau bangunan dilakukan dengan ketentuan bahwa tanah dan/atau bangunan tersebut diperlukan untuk kepentingan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi pengguna barang dan/atau kuasa pengguna barang melakukan pemantauan dan penertiban terhadap penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan, pemeliharaan, dan pengamanan barang milik negara yang berada di bawah penguasaannya.

Leave a Reply