Berita

Tampuk pimpian Koopsau II bergeser

Dibaca: 11 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

A TNI R. AGUS MUNANDAR GANTIKAN MARSDA TNI YUSHAN SAYUTI

 

 

Gerbong mutasi pejabat di lingkungan TNI AU, khususnya di Komando Operasi TNI AU (Koopsau II) kembali bergerak. Tongkat Komando Koopsau II yang selama ini dipegang Marsekal Muda (Marsda) TNI Yushan Sayuti, telah berpindah tangan kepada Marsekal Pertama (Marsma) TNI R. Agus Munandar.

 

Prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkoopsau II dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufa’at, S.IP dalam suatu upacara militer di Lanud Sultan Hasanudin, Makassar, Jumat (19/2). Tampak hadir menyaksikan Sertijab, para pejabat Muspida Sulawesi Selatan, pejabat teras Mabesau, serta tamu undangan lainnya.

 

Pejabat baru, Masma TNI R. Agus Munandar merupakan putra kelahiran Solo, Jawa Tengah, 53 tahun yang lalu. Sebelum dilantik menjadi Pangkoopsau II, penerbang pesawat Fokker F-27 ini adalah Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Adisucipto, Yogyakarta. Karirnya diawali dengan mengikuti pendidikan di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta tahun 1980 dan dilanjukan mengikuti pendidikan Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU di Yogyakarta tahun 1980.

Baca juga:  Lanud Atang Sendjaja Gelar Sosialisasi Peserta Didik Baru SMA Pradita Dirgantara Tahun 2020*

 

Karirnya mulai bersinar, ketika pada tahun 1995 dipercaya untuk memangku jabatan sebagai Komandan Pendidikan (Skadik) 102 Wingdik Terbang, Lanud Adisucipto, Yogyakarta tahun 1995 dan Skadik 104 Wingdik Terbang Lanud Adsucipto Yogyakarta tahun 1996. Setelah itu, alumnus Lemhanas tahun 2005 ini mendapat promosi menjadi Komandan Lanud Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

Karirnya makin meroket ketika tahun 2008 lalu diercaya untuk menduduki jabatan wakil Gubernur AAU dengan pangkat Marsekal Pertama (Marsma) TNI. Suami dari Anna Noorhasanah ini terus melaju dengan jabatannya sebagai Komandan Lanud Adisucipto. Dan akhirnya terhitung mulai tanggal 5 Februari 2010 sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/77/II/2010, Marsma TNI R. Agus Munadar resmi menjabat sebagai Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkopsau) II di Makassar.

 

Sementara, pejabat yang digantikan, Marsda TNI Yushan Sayuti, mendapat alih tugas sebagai Pati Staf Ahli Kasau di Mabes TNI AU, Cilangkap Jakarta. Marsda TNI Yushan Sayuti, yang mengawali karirnya dari AAU tahun 1976 selanjutnya akan memasuki masa purna tugas. Suami dari Elsyah Fatimah Baygas ini telah memangku jabatan Pangkoopsau II selama kurang lebih dua tahun empat bulan.

Baca juga:  PIA AG RAIH JUARA 1 POCO-POCO DINATUNA

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel