Berita

Tanam Pohon Mangrove Dalam Rangka Hut TNI Ke-70

Dibaca: 14 Oleh 30 Sep 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Hutan bakau (mangrove) adalah merupakan komunitas vegetasi pantai tropis yang didominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang di daerah pasang surut pantai berlumpur.

Selain peran ekologis, mangrove juga memiliki peran ekonomis dan sosial yang sangat penting dalam mendukung pembangunan wilayah pesisir. Oleh karenanya kegiatan rehabilitasi menjadi sangat prioritas mengingat kawasan tersebut merupakan sebuah ekosistem yang terpadu dan saling berkolerasi secara timbal balik, dimana masing-masing elemen dalam ekosistem memiliki peran dan fungsi yang saling mendukung sehingga apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen ekosistemnya maka secara langsung akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem secara keseluruhan. Dan kota-kota yang memiliki pesisir pantai luas, apabila mampu mengelola mangrove secara baik maka kawasan tersebut berpotensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata (ekoturisme) sekaligus juga menjadikannya sebagai safety green belt (sabuk hijau pengaman). Demikian antara lain disampaikan dalam sambutan tertulis Danrem 044/Gapo Kodam II Sriwijaya, Kolonel Inf. Tri Winarno diwakili Kasiter Mayor Inf. Dodi Sugiri pada penanaman 3000 pohon mangrove oleh TNI (AD, AL dan AU) bersama rakyat dalam rangka menyambut HUT TNI ke-70 di kawasan hutan lindung pesisir pantai Dermaga II Tanjung Api Api, Desa Marga Sungsang, Air Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (28/9) kemarin.

Baca juga:  185 Siswa Kunjungi Lanud Sultan Hasanuddin

Penanaman pohon mangrove juga melibatkan dari Kepolisian, Pemerintah Daerah dan instansi terlait, FKPPI, PPM, Tokoh Masyarakat, Pelajar serta masyarakat dari warga sekitar lokasi penanaman.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel