Berita

Tanamkan Jiwa Nasionalis Sejak Dini Danlanud Padang Pimpim Upacara di SD Angkasa

Dibaca: 8 Oleh 04 Mei 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Dalam upaya untuk menanamkan jiwa Nasiolis sejak usia dini Danlanud Padang Ltk Pnb Mohammad Apon, ST.MPA memimpin upacara bendera di Sekolah Dasar (SD) Angkasa Lanud Padang Sumatera-Barat, Senin (4/5). Upacara yang diikuti seluruh pelajar mulai dari kelas 1(satu) hingga kelas 6 (enam) berlangsung dengan khidmat. Danlanud Padang menjelaskan, upacara bendara yang dilaksanakan pada pagi ini di sekolah SD Angkasa bertujuan untuk dapat mempertebal semangat kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme dan idealisme serta meningkatkan peran serta siswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini semua kita lakukan sebagai langkah penting bagi anak-anak yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kedisiplinan dan jiwa nasionalisme jelasnya.

Dalam upacara bendera tersebut sederet acara di gelar yang diawali dengan pengibaran bendera oleh kelompok murid wanita yang telah berlatih. Selain itu dalam kesempatan ini juga ditampilkan kreatifitas SD Angkasa yakni Drum band dengan membawakan lagu Indonesia Raya.Semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari anak-anak dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera.Upacara bendera juga mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bila anda mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Baca juga:  Rumkit dr. Abdul Malik Sosialisasikan Pencegahan Virus COVID-19 kepada Seluruh Personel Lanud Soewondo

Upacara bendera juga mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan anak muda. Upacara bendera ini dilaksanaka setiap hari senin bertujuan yakni membiasakan bersikap tertib dan disiplin, membiasakan berpenampilan rapi, meningkatkan kemampuan memimpin. Selain itu para murid dilatih membiasakan kesediaan dipimpin, membina kekompakan dan kerjasama mempertebal rasa semangat kebangsaan. Hadir dalam upacara bendera ini Ketua Yasari Lanud Padang Ny. Apon dan sejumlah pengurus lainya serta Kepala Sekolah SD Angkasa maupun para Guru.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel