Berita

Tanggap Bencana Kebakaran, Kosekhanudnas I Latihan Damkar

Dibaca: 12 Oleh 24 Agu 2020Tidak ada komentar
Tanggap Bencana Kebakaran, Kosekhanudnas I Latihan Damkar
#TNIAU 

TNI AU.  Melaksanakan tugas pokok Kosekhanudnas I yaitu menyelenggarakan dan mengendalikan Operasi Pertahanan Udara Nasional,  Kosekhanudnas I merasakan pentingnya menjaga keselamatan terbang dan kerja. Karenanya  Pangkosekhanudnas I, Marsma TNI Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., merasa  perlunya penyegaran bagi seluruh personel Kosekhanudnas I dengan menyelenggarakan sosialisasi dan latihan simulasi penanganan bahaya kebakaran.

Bekerjasama dengan base rescue Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Pabandyalambangja Sops Kosekhanudnas I, Letkol Sus  Wahyudi, A.Md., saat membuka sosialisasi menyampaikan pentingnya  pengetahuan dan keterampilan menanggulangi keadaan darurat bencana bahaya kebakaran.

Dalam skenario, diasumsikan sebagai akibat adanya serangan dari pesawat musuh terjadi kebakaran pada salah satu bangunan di Kosekhanudnas I.  Petugas Jaga Makosekhanudnas I yang menerima laporan adanya kebakaran disalah satu gedung Kosekhanudnas I segera membunyikan bel tanda bahaya dan melaporkan kepada Pangkosekhanudnas I terjadinya kebakaran, selanjutnya mencari bantuan dengan menghubungi base rescue Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam simulasi itu, Serma Subiadi didampingi beberapa petugas base rescue Lanud Halim Perdanakusuma  juga mengenalkan beberapa alat yang dapat digunakan untuk memadamkan api ringan yang dikenal dengan sebutan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan mengajarkan kepada personel Kosekhanudnas I cara menggunakan peralatan tersebut untuk memadamkan api.

Baca juga:  Pangkoopsau II Menjemput Jenazah Mantan Kepala Staf Angkatan Darat

Diharapkan usai mengikuti latihan pemadan kebakaran ini, anggota Kosekhanudnas I memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep manajemen bahaya dan risiko kebakaran, dapat menilai resiko bila terjadi kebakan di suatu tempat, dan dapat mengendalika bahaya kebakaran.

Tanggap Bencana Kebakaran, Kosekhanudnas I Latihan Damkar

Petugas Base Rescue Lanud Halim Perdanakusuma memberikan penjelasan tentang kebakaran sebelum pelaksanaan praktek latihan pemadam kebakaran bertempat di Makosekhanudnas I, Jakarta.

 

Tanggap Bencana Kebakaran, Kosekhanudnas I Latihan Damkar

Anggota Kosekhanudnas I melaksanakan pemadaman kebakaran  menggunakan DCP yang berisi serbuk kimia kering  Amonium Sulfat yang diberikan tekanan Nitrogen,  dalam latihan pemadam kebakaran bertempat di Makosekhanudnas I, Jakarta.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel