Berita

Tantangan Skadron 12 menjadi Skadron Tempur Terbaik di Indonesia

Oleh 10 Apr 2019 April 22nd, 2019 Tidak ada komentar
Tantangan Skadron 12 menjadi Skadron Tempur Terbaik di Indonesia
#TNIAU 

TNI AU. Ada sesuatu yang spesial bagi keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin pada malam resepsi HUT TNI AU ke-73 di Puri Ardhya Garini Halim Perdanakusuma, Selasa (9/4/2019).

Komandan Skadron Letkol Pnb Asri Efendi Rangkuti menerima langsung penghargaan Juara III Lambangja TNI AU dari Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Keselamatan Terbang dan Kerja disingkat Lambangja, merupakan hal terpenting dan menjadi perhatian utama dalam menjalankan tugas dan operasi, di seluruh Pangkalan Udara Operasi TNI AU di seluruh tanah air.

Dari penilaian yang dilakukan Tim penilai Lambangja Mabes TNI AU, kepada 19 Skadron Udara di bawah Komando Mabesau, Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin berada pada peringkat III.

Peringkat pertama ditempati Skadron Udara 7 Suryadharma  Subang, dan peringkat kedua diperoleh Skadron Udara 32 Abdurrachman Saleh Malang.

Prestasi sebagai peringkat III yang diraih Skadron Udara 12, sekaligus menempatkan Skadron Udara 12 sebagai skadron tempur terbaik dalam penerapan dan implementasi Lambangja.

Diakui Komandan Skadron 12, bahwa peringkat I adalah Skadron Heli, sementara peringkat kedua ditempati Skadron Angkutan, artinya skadron tempur terbaik dalam penerapan lambangja adalah Skadron Udara 12.

“Lambangja tersebut adalah segala sesuatu yang berhubungan seperti SOP, Protap, Program Kerja, Slogan, kegiatan, aplikasi yang diterapkan di lingkungan Skadron Udara,” kata Letkol Pnb Asri Efendi.

Dalam hal ini, seluruh jajaran wajib menerapkan dan mengimplementasi Lambangja dalam pelaksanaan tugas operasi sehari-hari. Akumulasi dari penerapan semua unsur tersebut, yang menjadi penilaian Tim Mabesau.

“Dalam rangka mendukung kebijakan Danlanud dalam keselamatan, ada beberapa poin penting yang selalu saya tekankan kepada seluruh jajaran, untuk menjadi dasar dalam melaksanakan tugas,” kata Letkol Pnb Asri Efendi Rangkuti menjelaskan.

Dijelaskan Asri Rangkuti, poin penting tersebut meliputi komitmen jajaran, komunikasi antar lini tugas dan fungsi, protap, resiko, laporan, investigasi, emergency dan review wajib dilakukan setiap waktu.

“Bahkan, kami telah membuat video tutor petunjuk keselamatan bagi penerbang tempur, hingga hal detailnya,” katanya.

Dengan adanya Kasau Award ini jusru semakin menambah motivasi jajaran Skadron 12 untuk meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik dari yang sudah dilaksanakan sehari-hari.

“Semua yang kami raih ini tak lepas dari arahan, motivasi dan bimbingan Danlanud Roesmin Nurjadin serta dukungan seluruh jajaran Komando dan Pejabat Utama Lanud,” kata Danskadud 12.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel