Berita

Tapping Danlanud Halim Dalam Siaran Program Radio

Dibaca: 30 Oleh 09 Des 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Guna menyebarluaskan keberadaan Lanud Halim Perdanakusuma dan fungsinya pada masyarakat, memerlukan berbagai media termasuk radio, agar informasinya didengar dan diketahui umum. Untuk itu pada Selasa (8/12) Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Umar Sugeng Hariyono,S.IP.,S.E.,M.M., berkesempatan “mengudara” melalui tapping (rekaman) program Radio Heartline FM Kawaraci, Tangerang yang diwawancarai Jose Marwan, Direktur Heartline FM dan Lisa Sitompul di ruang komandan.

Dalam membuka wawancaranya, Jose Marwan menanyakan tentang fungsi Lanud Halim Perdanakusuma, sebagai salah satu base pertahanan udara nasional. Dijelaskan Danlanud Halim, dalam sejarahnya Lanud Halim merupakan pangkalan udara militer di ibukota yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Hingga kini terdapat lima skadron, meliputi empat skadron udara dan satu skadron teknik. Skadron-skadron tersebut memiliki tugas sesuai spesifikasi pesawat yang diawakinya, seperti angkut ringan, berat dan penerbangan VVIP maupun VIP. “Tentunya skadron-skadron tersebut memiliki peran dalam upaya pertahanan udara nasional, khususnya dalam hal operasi dukungan udara,”jelas Danlanud. Ditambahkannya dengan luas sekitar 1600, hektar di Lanud Halim terdapat markas Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) yang bertugas mengawasi operasional penerbangan nasional.

Baca juga:  Sertijab Ketua PIA AG Ranting 02-Cab/G.II Skadik 202 dan Ranting 08-Cab/Gab.II Satpomau Lanud Sulaiman

Menurut Danlanud, pesawat dan awak pesawat di Lanud Halim telah memiliki kesiapan untuk memberikan dukungan operasi udara dalam waktu 2-3 jam, guna melaksanakan misi, ke berbagai wilayah di penjuru tanah air. Di bagian lain diungkapkan pula tentang potensi Lanud Halim bagi masyarakat. Ditegaskan Danlanud di Lanud Halim terdapat museum dan pesawat yang dapat dilihat, khususnya oleh siswa-siswa sekolah, agar minatnya terhadap kedirgantarannya tumbuh, dengan syarat harus izin terlebih dahulu melalui surat. Bahkan menurut Lisa Sitompul penyiar Hearline FM, Lanud Halim memiliki potensi dan nilai lebih lain seperti dapat menumbuhkan jiwa patriotisme, nasionalisme dan kedisiplinan yang dibutuhkan oleh generasi muda kini.

Tapping diakhiri dengan penyerahan cinderamata antara kedua belah pihak dan rencana kerjasama ke depan seperti pelatihan public speaking, pelatihan dasar kepemimpinan dan kunjungan siswa bagi sekolah binaan Heartlne FM

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel