Berita

Tarian Lengser Wingdikum Sambut Kedatangan Dankodikau

Dibaca: 10 Oleh 28 Jan 2015Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Tarian lengser atau mapag dalam bahasa Sunda berarti tarian penyambutan selamat datang yang dimainkan lima belas personel Wingdikum dan Skadik jajaran dalam rangka menyambut kedatangan Komandan Kodikau yang baru Marsma TNI Ras Rendro Bowo beserta Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan II Kodikau Ny. Etty Ras Rendro Bowo di Makodikau, Jakarta. Selasa (27/1).

Tarian penyambutan ini bernuansa etnik jaipong dibawah asuhan Danwingdikum Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey dengan koordinator pelaksana Kasubsialins/alongin Dislog Wingdikum Kapten Kal Iryanto. “Maksud dari tarian ini sebagai bentuk rasa syukur dan penyambutan selamat datang kepada Komandan Kodikau dan Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan II Kodikau yang baru,” ujar Danwingdikum disela acara passing in.

Dinamakan tarian lengser, karena tarian ini dipimpin Ki Lengser dengan kekhasannya berjalan tergopoh-gopoh sambil berbicara dengan logat bahasa sunda diikuti para penari lainnya me-mapag dan mengiringi Komandan Kodikau dan Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan II Kodikau yang baru memasuki Markas Kodikau.

Menurut koordinator pelaksana, Kapten Kal Iryanto mengatakan bahwa biasanya dalam tarian ini hanya dipimpin seorang Ki Lengser. “Tetapi karena ini kreasi Wingdikum, maka diadakan dua Ki Lengser agar memeriahkan suasana dan formasi tarian lebih menarik serta bervariasi,” ujarnya.

Baca juga:  Kapten Sus Endang D.S., Siswa Terbaik Suspajemen 23

Kemudian melalui tarian ini pula, turut mengantarkan langkah penugasan Marsda TNI M. Nurullah, S.IP yang baru sebagai Aslog Kasau didampingi Ny. Astuti M. Nurullah dengan diiringi penghormatan oleh seluruh personel Kodikau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel