TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Taruna AAU Laksanakan latihan Survival

By 26 Sep 2013 13:26Berita
1280px-AURI_Oscar

Di medan pertempuran yang melibatkan kekuatan udara, pilot dan pesawat merupakan target utama yang harus dilumpuhkan sehingga seorang pilot harus dibekali kemampuan untuk mampu “Survive” dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Di mana di dalam dunia militer kita mengenal prinsip SERE atau Survival, Evasion, Resistance, dan Escape.

Demikian disampaikan Gubernur AAU Marsda TNI Tabri Santoso, S.IP dalam sambutannya di Lapangan Dirgantara AAU sesaat sebelum memberangkatkan 102 Taruna AAU menuju Waduk Sermo di Kulonprogo untuk mengikuti Latihan Survival atau Wanatirta, Rabu (25/9).

Latihan yang direncanakan berakhir pada Jum’at tanggal 27 September 2013 ini akan membekali para Taruna dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan untuk dapat bertahan hidup apabila menghadapi situasi yang kurang diinginkan.

“Pemahaman dan ketrampilan di bidang SERE ini perlu ditanamkan sejak dini, sehingga kelak dalam penugasan yang sesungguhnya, bila dihadapkan dengan situasi yang nyata, kalian akan tetap dapat survive meskipun berada dalam tekanan di daerah musuh”, terang Gubernur AAU.

Mengingat pentingnya latihan ini Gubernur juga menekankan kepada seluruh peserta dan latihan dan instruktur untuk selalu menjalankan “Standard Operational and Procedure” (SOP), utamakan faktor keselamatan dan keamanan guna menghindari hal-hal yang mungkin dapat menyebabkan incident ataupun accident.

Untuk mempererat tali silaturahmi antara AAU dengan warga sekitar Waduk Sermo yang menjadi areal latihan, AAU juga menggelar acara hiburan berupa pentas kesenian “Campur Sari”, yang dilaksanakan pada Rabu Malam.

“Selain untuk media silaturahmi, acara seperti ini juga diharapkan dapat memupuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya antara keluarga besar AAU dan masyarakat sekitar Waduk Sermo, dan tak ketinggalan sebagai wujud kepedulian AAU dalam melestarikan budaya yang dimiliki oleh bangsa”, ucap Gubernur.

Masyarakat yang tinggal di sekitar waduk Sermo pun menyambut dengan antusias acara seperti ini, terbukti hingga akhir acara tak ada satupun warga yang meninggalkan acara ini.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Kotama Koopsau 1 Berita Utama PIA Ardhya Garini Kodiklatau
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Taruna AAU Laksanakan latihan Survival