TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Taruna AAU TK IV Praktek Pemeliharaan Pesawat Di Lanud Halim Perdanakusuma

By 05 Mar 2018Berita
DSC_7809

TNI AU. Empatpuluh Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta, melaksanakan Praktik Manajemen Pemeliharaan Pesawat Terbang di Skadron Teknik 021 Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (5/3).

Para Taruna yang melaksanakan praktik merupakan Taruna Tingkat IV Program Studi Teknik Aeronautika Pertahanan, yang terdiri dari 37 Taruna dan 3 Taruni.   Rombongan dipimpin Kepala Departemen Aeronautika AAU Kolonel Tek Semri Bija, S.E, diterima Kepala Dinas Logistik Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Tek Vidion Nugroho S., S.T., mewakili Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb M. Tonny Harjono, S.E. di Gedung Cakra Gendhewa Skatek 021.

Praktikum akan berlangsung selama empat hari, mulai hari ini (Senin, 5/2) hingga Kamis (8/3) mendatang, dengan objek praktikum di Skadron Udara 2, 17, 31, 45 dan Skatek 021 Lanud Halim Perdanakusuma.  Turut hadir para acara tersebut para pejabat Lanud Halim Perdanakusuma.

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb M. Tonny Harjono, S.E. dalam sambutannya menyatakan TNI AU merupakan suatu sistem senjata udara berbobot padat materiil, memerlukan kehadiran tehnisi-tehnisi handal yang mampu memahami sekaligus mampu memanfaatkan peluang dari tantangan guna menyongsong perkembangan teknologi kedirgantaraan yang semakin canggih, dan terus berkembang secara cepat seiring dengan perkembangan jaman. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah melalui praktek kerja atau praktikum tentang manajemen perawatan pesawat terbang oleh para Taruna Tingkat IV Program Studi Teknik Aeronautika Akademi Angkatan Udara (AAU), yang akan berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma ini.

Selanjutnya Danlanud menambahkan bahwa Lanud Halim Perdanakusuma mempunyai empat skadron udara dengan puluhan pesawat terbang di dalamnya. Untuk mendukung kelancaran dan kesiapan pesawat udara diperlukan perawatan pesawat terbang agar senantiasa siap operasional tiap saat. Dalam realitanya terdapat tahapan perawatan pesawat sesuai kondisi masing-masing pesawat. Untuk itu, para taruna dan taruni akan melihat dari dekat prosedur dan manajemen perawatan pesawat yang operasional di Lanud Halim Perdanakusuma. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan praktik ini, dengan harapan para taruna dan taruni dapat belajar lebih mendalam dari teori yang telah didapatkan, juga tahu mengenai manajemen pemeliharaan pesawat terbang.

Sementara itu, Kepala Departemen Teknik Aeronautika Pertahanan AAU Kolonel Tek Semri Bija, S.E., menyatakan 40 Taruna/Taruni Tingkat IV AAU Majoring Teknik Aeronautika Pertahanan mengadakan praktik ke Lanud Halim Perdanakusuma karena fasilitas dan sumber daya manusianya telah memadai. Ditambahkan tujuan praktik yang akan dilaksanakan selama empat hari adalah sebagai upaya untuk menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman para taruna tentang manajemen perawatan pesawat terbang, sekaligus pendalaman teori dari kuliah.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Taruna AAU TK IV Praktek Pemeliharaan Pesawat Di Lanud Halim Perdanakusuma