Berita

Taruna Akademi TNI Jalani Latihan Bhinneka Eka Bhakti di Lanud Halim Perdanakusuma

Taruna Akademi TNI Jalani Latihan Bhinneka Eka Bhakti di Lanud Halim Perdanakusuma
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E., menyambut 596 Taruna dan Taruni Tingkat I TP. 2019/2020 Akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan mengikuti program Latihan Bhinneka Eka Bhakti di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (07/01/2020).

Para peserta latihan didampingi oleh Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnis, S.Sos.,  terdiri dari 364 Taruna Matra Darat, 102 Taruna Matra Laut, 107 Taruna Matra Udara, 13 Taruni Matra Laut, dan 10 Taruni Matra Udara.

Danjen Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.,dalam sambutannya mengatakan kegiatan Bhineka Ekja Bhakti  bertujuan untuk memberikan pembekalan dan wawasan kepada para Taruna Akademi TNI, agar mengetahui organisasi dan tugas satuan, ciri khas  serta kemampuan masing-masing Angkatan sebagai bekal pengetahuan Taruna untuk memasuki tahap pendidikan selanjutnya

Dalam pelaksanaan latihan BEB tahun ini, para Taruna akan mengunjungi satuan-satuan TNI meliputi TNI AD terdiri dari Kopassus dan Divisi I Kostrad, TNI AU terdiri Koopsau I dan Wing I Paskhas di Lanud Halim Perdanakusuma serta TNI AL terdiri dari Koarmada I dan Pasmar I,” lanjutnya.

“Saya berharap apa yang disampaikan dalam pembekalan ini dicermati, dipahami dan diikuti dengan seksama. Pergunakan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya, karena kegiatan Bhineka Ekan Bhakti merupakan bekal yang sangat berharga bagi Taruna sebagai proses pembelajaran untuk melanjutkan Pendidikan dan tuhas di masa mendatang.” Pungkasnya.

Sementara Danlanud Halim Perdanakusuma mengatakan, para Taruna/Taruni akan melihat secara dekat tentang organisasi, tugas, dan fungsi satuan operasional jajaran Lanud Halim Perdanakusuma dan Wing 1 Paskhas, sebagai bagian dari pembekalan matra udara secara keseluruhan.

“Pada pelaksanaanya, para Taruna/Taruni akan menyaksikan beberapa demo udara yang diperagakan oleh Skadron Udara di Lanud Halim Perdanakusuma dan satuan Paskhas, sebagai gambaran dari fungsi dan tugas TNI AU secara keseluruhan,” kata Danlanud Halim Perdanakusuma.

Selanjutnya dijelaskan, demo udara yang akan diperagakan adalah penerjunan free faal Pengendalian Tempur oleh Paskhas, dan Perbekalan Udara (Heli Box) menggunakan pesawat CN-295 dari Skadron Udara 2, serta penerjunan static Paskhas untuk merebut sasaran menggunakan dua pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31.

“Selain demo udara, para Taruna/Taruni akan mengikuti joy flight menggunakan pesawat C-130 Hercules dan CN-295”, lanjutnya.

“Kegiatan lainnya adalah Para Taruna/Taruni juga akan melihat fasilitas latihan Lanud Halim Perdanakusuma dengan melaksanakan kunjungan ke Simulator pesawat C-130 Hercules, kemudian kunjungan ke Skadron-skadron udara yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma, untuk melihat secara dekat tugas dan fungsi masing-masing skadron beserta Alutsistanya”, tambahnya.

“Berikutnya, para Taruna/Taruni juga akan diperkenalkan peralatan tempur dari jajaran Paskhas,” ujarnya.

Danlanud Halim Perdanakusuma berharap, para Taruna/Taruni dapat menyerap seluruh materi sebagai bekal dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang organisasi, tugas, dan fungsi TNI Angkatan Udara.

“Manfaatkan momen ini sebaik-baiknya, bila ada hal-hal yang kurang jelas, jangan sungkan untuk bertanya,” ujar Danlanud Halim Perdankusuma kepada para Taruna/Taruni.

“Melalui latihan ini, diharapkan akan muncul rasa bangga terhadap kesatuan, bahkan akan meningkatkan kompetensi dan daya fikir para Taruna/Taruni untuk mencapai profesionalisme, responbility, serta pembentukan Esprit De Corps, sebagai generasi penerus TNI di masa mendatang,” pungkasnya.

Pelaksanaan latihan dipusatkan di Hanggar Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, dibawah kendali Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Ali Gusman, S.E., M.M. dan Komandan Wing 1 Paskhas Kolonel Pas Visnu Hermawan, S.E., M.M.

Hadir dalam pembekalan Latihan Bhinneka Eka Bhakti Taruna/Taruni, , Dankorpaskhasau Marsda TNI  Eris Widodo, Y., S.E., dan  Asops Kaskoopsau I Kolonel Pnb Dr. Budhi Achmadi, M.Si.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel