Berita

TARUNA SAKSIKAN DEMO UDARA DI LANUD ABD SALEH

Dibaca: 4 Oleh 15 Mei 2010Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Dalam rangka kegiatan Latihan Bhineka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI Tahun Anggaran 2009 yang dilaksanakan di Lanud Abd Saleh dengan melibatkan 528 orang Taruna dan 10 orang Pengasuh, disajikan simulasi operasi udara dalam maneuver lapangan latihan satuan Lanud Abd Saleh “Garuda Perkasa 2009” di Taxy Way Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh (6/7).

 

Kegiatan latihan Bhineka Eka Bhakti dilaksanakan selama dua hari tanggal 4 dan 6 Juli, diawali dengan mengunjungi Skadron Udara 4, 21, 32, Skatek 022 dan Batalyon Paskhas 464, hari berikutnya para Taruna disuguhi demo Aeromodelling dan demo operasi udara.

 

Dalam demo operasi udara melibatkan 2 pesawat Cassa C-212 dari Skadron Udara 4 sebagai unsur intai dan foto udara serta penerjunan tim Dalpur (pengendalian pertempuran) sebagai awal dari operasi. Tim Dalpur diterjunkan sebanyak 13 orang personil Paskhas 464 bertugas menyiapkan Droping Zone (DZ) atau daerah penerjunan beserta dengan informasi data-data DZ tersebut secara akurat dan mutakhir. Selanjutnya tim Dalpur juga memberikan informasi tentang posisi senjata anti serangan udara musuh, kondisi cuaca daerah sasaran yang meliputi keadaan perawanan, kondisi angin dan jarak pandang secara horizontal.

Baca juga:  Danwingdikum Tutup Tiga Susjurlata

 

Dilibatkan pula pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Wing 3 Lanud Iswahyudi Madiun, melakukan Serangan Udara Langsung untuk melumpuhkan kekuatan persenjataan musuh dan melaksanakan Force Down terhadap pesawat musuh. Tiga buah Pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh dengan membuat formasi menerjunkan pasukan Satpur dengan kekuatan satu SSK dan tim Dallan dari Batalyon Paskhas 464 Wing II Paskhas serta drooping bekal ulang. Dari skenario demo operasi udara tersebut merupakan simulasi dalam merebut kembali Pangkalan Udara yang telah dikuasai oleh musuh.

 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan secara nyata kepada para Taruna tentang macam dan bentuk operasi udara yang ada di TNI Angkatan Udara dan diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan para Taruna tentang medan dan kegiatan operasi yang terdapat dilingkungan TNI Angkatan Udara, sehingga dimasa depan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik, serta dapat lebih mempererat kerja sama dengan matra lain, guna bersama-sama menjaga kedaulatan NKRI.

Baca juga:  KETUA BADAN PENGAWAS PRIMKOPAU LANUD HUSEIN S., LAKSANAKAN RIK TAKSI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel