Berita

Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara Pukau Warga Kota Pontianak

Oleh 07 Nov 2019 November 11th, 2019 Tidak ada komentar
Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara Pukau Warga Kota Pontianak
#TNIAU 

TNI AU.  Lanud Supadio memberikan kado terindah bagi kota Pontianak yang merayakan Hari Jadi (Harjad) Ke-248 Tahun 2019.   Kado tersebut berupa atraksi dirgantara, yang dilakukan para prajurit penjaga langit Bumi Khatulistiwa, Rabu (6/11/2019) di Alun-alun Kapuas.

Atraksi Dirgantara Lanud Supadio, diawali dengan 10 peterjun yang terjun dari ketinggian 8.000 Fit.  Para penerjun ini merupakan anggota Batalyon Komando (Yonko) 465 Paskhas Brajamusti dan Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 473 Paskhas. 

Selain mereka, ada pula penerjun Persatuan Olahraga Terjun Payung (Pordirga) dari Federasi Aero Sport Indonesia (Fasida) Kalbar, yang merupakan Cabor binaan Lanud Supadio.  Para penerjun ini dipimpin oleh Wadanyonko 465 Paskhas, Mayor Pas Dony Herrianto.  Semua peterjun melompat dari ketinggian dengan menggunakan Helikopter Puma dari Skadron Udara (Skadud) 8 Lanud Atang Sendjaya, Bogor, yang standby SAR di Lanud Supadio.  Para penerjun exit dari Helikopter tersebut terbagi dalam dua sorti.

Usai 15 menit bermanuver dilangit Kota Khatulistiwa, 10 penerjun perlahan-lahan turun dan mendarat dengan baik secara berurutan.  Mereka disambut dengan tepuk tangan meriah dari masyarakat yang memadati Alun-alun Kapuas Kota Pontianak.  Tidak sedikit masyarakat dari semua kalangan mulai dari anak-anak, pemuda-pemudi, orang tua, pelajar, dan berbagai kalangan berfoto dengan para penerjun.

Usai atraksi para penerjun dilanjutkan dengan penampilan Display Drum Band Taruna-Taruni Akademi Angkatan Udara (AAU), Display Drumband “Gita Dirgantara” dari ratusan Taruna-Taruni AAU ini, juga merupakan misi latihan “Cakra Wahana Paksa” Taruna AAU Tahun 2019 dibeberapa kota diantaranya Pontianak, Batam dan Palembang.

Penampilan Drumband Taruna-Taruni AAU yang merupakan para Taruna-Taruni Tingkat 4.  Dan penampilan mereka sangat memukau masyarakat Kota Pontianak yang memadati Alun-alun Kapuas.  Berbagai atraksi ditampilkan oleh anggota Drumband “Gita Dirgantara”.

Ditengah-tengah atraksi tersebut, masyarakat Kota Pontianak dikejutkan dengan kehadiran satu flight Pesawat Tempur Hawk 100/200 dari Skdron Udara 1 Elang Khatulistiwa.  Tiga unit pesawat tempur kebanggaan masyarakat Kalbar tersebut terbang rendah atau flypass diatas Alun-alun Kapuas.

Dengan berbagai formasi tempur, pesawat tempur Hawk 100/200 yang diawaki penerbang-penerbang terbaik Skadron Udara 1 Elang Khatulistiwa. Lewatnya pesawat tersebut menjadi tontonan langsung masyarakat kota Pontianak.

Menurut Danlanud Supadio Marsekal Pertama TNI Palito Sitorus, S.IP., M.M atraksi-atraksi Dirgantara ini diselenggarakan dalam rangka mengenalkan dunia kedirgantaraan kepada masyarakat Kalbar dan Kota Pontianak.  Diharapkan, dengan adanya atraksi ini maka masyarakat semakin mencintai personel pertahanan udara di Bumi Khatulistiwa.

“Bertepatan dengan Harjad Ke-248 Kota Pontianak, tentunya ini adalah momen terbaik.  Masyarakat Kalbar, bisa semakin mengenal eksistensi Lanud Supadio sebagai penjaga langit Kalbar,” paparnya.

Wakil Gubernur AAU, Marsma TNI Paminto BP mengatakan dipilihnya kota Pontianak sebagai tujuan di gelarnya Display Drumband sebagai bentuk hadiah untuk Kota Pontianak yang telah berusia Ke-248.  Selain itu, misi tersebut untuk mengenalkan TNI AU ke masyarakat Pontianak.

“Dirgahayu Kota Pontianak Ke-248, Semoga ke depan semakin jaya, semakin menjadi kota yang smart city.  Dan kami melaksanakan pelajaran bagi taruna tingkat 4 yaitu navigasi udara yang tadi pagi rutenya dari Yogyakarta ke Banjarmasin, kemudian ke Pontianak,” katanya.

Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara Pukau Warga Kota Pontianak

Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara Pukau Warga Kota Pontianak

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel