Berita

“Tasikmalaya Air Show 2014”

Dibaca: 13 Oleh 26 Feb 2014Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Tasikmalaya Airshow dan Expo 2014 kembali digelar di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, Selasa (18-19/2/2014). Ribuan warga tampak menyemut di tepi landasan melihat beberapa jenis pesawat helikopter Puma, 3 buah helikopter Colibri dan 2 pesawat jenis Cessna milik PT.DAE serta 2 pesawat jenis Trike (Fasida Jabar), terparkir rapi di apron Lanud Wiriadinata.Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Indan Gilang B, S.Sos, dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, “melalui Tasikmalaya Air Show dan Expo 2014 ini, diharapkan segala hal yang menjadi potensi Tasikmalaya dapat terekspos, sehingga mendorong pertumbuhan di bidang industri, perdagangan, pendidikan, teknologi, olahraga, dan pariwisata Tasikmalaya, sehingga dapat mengembangkan perekonomian yang berdaya saing tinggi. Disamping itu, kegiatan ini untuk meningkatkan minat dirgantara dan membina potensi dalam meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap Bangsa serta memberikan hiburan bagi masyarakat yang berada di Priangan Timur.

Dihari pertama Tasikmalaya Air Show dan Expo 2014 ditandai dengan pelepasan banner balon udara dan penekanan sirine tanda dibukanya acara. Hadir pada acara tersebut para Pejabat dari Pemda Prov. Jawa Barat, Walikota Tasikmalaya, Bupati Tasikmalaya, Pimpinan TNI, Polri di wilayah Tasikmalaya, Tokoh Pendidikan, Tokoh Agama dan Muspida Tasikmalaya. Setelah itu, ribuan mata pengunjung disuguhkan dengan penampilan 6 penerjun payung dari Federasi Aero Sport Indonesia Jawa Barat membuat suasana riuh. Para penerjun mendarat dengan sempurna termasuk salah satunya penerjun perempuan.

Baca juga:  SKADRON 3 REBUT JUARA 1 SEPAK BOLA

Sebelumnya helikopter jenis Puma dan Colibri sempat menampilkan atraksi udara dengan melakukan terbang rendah menggunakan formasi.

Juga membawa rombongan sejumlah pejabat Forum Kon­sultasi Daerah untuk joyflight mengelilingi wilayah Kota Tasik­malaya. Penampilan di hari pertama juga dimeriahkan drumb band dari SD Galunggung, rampak kendang dari prajurit Lanud Wiriadinaat, panggung hiburan, expo dari Brigif 13 Galuh berupa kendaraan tempur dan alutsista, Lanud Wiriadinata, perusahaan daerah serta dari Kepolisian, dan yang takalah menariknya acara juga dimeriahkan dengan lomba mewarnai pesawat diikuti 1.300 peserta dari TK dan lomba foto kontes.

Hari kedua, Rabu (19/2/2014) atraksi udara lebih meriah dengan penampilan Wing I Paskhas TNI AU menyemarakkan langit Tasikmalaya dengan aksi Jungar(terjun penyegaran) statik dan free fall yang dilakukan Pasukan Berbaret Jingga ini membuat puluhan ribu pasang mata warga masyarakat Priangan Timur tidak berkedip melihatnya. Decak kagum selalu keluar, apalagi saat menyaksikan 10 orang Wanita Angkatan Udara(WARA) meliuk liukkan parasutnya untuk bisa mendarat menginjak “titik zero”.

Baca juga:  Latihan Menembak Personel Satpomau Lanud Rhf Bulan Juli 2019

Kekaguman masyarakat juga bertambah dengan Aksi aerobatik pesawat yang ditunjukkan pilot Marsekal Madya TNI ( Purn) Eris Herryanto memukau ribuan masyarakat yang datang ke lanud Wiriadinata. Sekitar pukul 13.00 Pesawat jenis S2C Pitts Biplane terbang mengangkasa mencari ketinggian, Marsdya TNI ( Purn) Eris Heryyanto langsung melakukan beberapa manuver yang sangat menegangkan. Sontak penonton yang menyaksikanpun atraksi pesawat tersebut histeris dan bertepuktangan.

Tidak hanya sampai disitu, para pengunjung Tasikmalaya Air Show juga disuguhkan dengan penampilan pesawat Trike yang melakukan terbang fly pas dan joy flight “Antusias para pengunjung terhadap pesawat Trike cukup tinggi, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang ingin melihat dari dekat dan terbang bersama serta keinginan mereka untuk belajar agar bisa menerbangkan pesawat Trike ini”, ujar Ivan Y, salah satu pilot Trike.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel