Berita

TEHNIK PEMERIKSAAN CEPAT GANGGUAN PSIKIS DENGAN PSIKOMETRI DAN INTERVENSI HIPNOTHERAPY

Dibaca: 51 Oleh 18 Des 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Perkembangan dunia yang sangat pesat dengan segala permasalahannya membawa dampak yang cukup serius terhadap kehidupan, sehingga kecenderungan stres meningkat, dari penelitian ditemukan satu fakta yang menarik, sekitar 75% dari semua penyakit fisik yang diderita banyak orang sebenarnya bersumber dari masalah mental dan emosi. Namun sayangnya kebanyakan di pelayanan kesehatan banyak yang belum mengetahui cara memeriksa dan mendiagnosa dengan cepat dan tepat, juga dalam memberikan terapi masih banyak bersifat fisik saja (farmakoterapi) sehingga hasil terapi kurang tepat dan kurang memuaskan. Senin (17/12) Demikian yang disampaikan Karumkit Lanud Ranai Kapten Kes dr. Wahyudi, MSc, Sp.KJ dalam Workshop sehari tentang Tehnik Pemeriksaan Cepat Gangguan Psikis dengan Psikometri dan Intervensi Hipnotherapy, yang diikuti 51 orang paramedis, bertempat di Aula RSUD Kabupaten Natuna, atas kerjasama Rumkit Lanud Ranai, Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Natuna.

Selanjutnya Karumkit Lanud Ranai menjelaskan, di Kabupaten Natuna menurut data Dinas Sosial terdapat 32 pasien gangguan jiwa (skizofrenia) yang sudah dilakukan rehabilitasi dengan dikirim ke rumah sakit jiwa Pekanbaru karena di Kabupaten Natuna belum ada psikiater atau fasilitas kesehatan yang memadai dan kompeten. Bisa dibayangkan betapa besarnya biaya pengiriman pasien karena dalam pengiriman pasien harus di dampingi keluarga, polisi, petugas kesehatan dan melalui transportasi udara. Setelah pasien dipulangkan dari perawatan juga mengalami kendala yaitu tidak ada follow up yang memadai terhadap pasien tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah keterbatasan kemampuan pengetahuan tentang penanganan gangguan jiwa. Kondisi inilah yang melatarbelakangi dilakukan workshop sehari, supaya seluruh dokter, perawat Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya termasuk Dinas Kesehatan dan RSUD Natuna mempunyai kemampuan mulai cara mendignosis yang tepat sampai menterapi pasien gangguan jiwa dengan benar.

Dengan mengikuti workshop ini peserta akan diajarkan menggunakan psikometri Woodworth’s Eysisk Inventory Questioner dan cara evaluasinya dengan cepat sehingga dapat membantu dalam mendiagnosis pasien gangguan jiwa dengan cepat dan benar. Diajari juga tehnik terapi terkini gangguan Skizofrenia, selain itu juga akan diajarkan psikoterapi dengan tehnik hipnotherapi sebagai salah satu terapi penunjang selain obat untuk mendapatkan hasil terapi yang cepat dan maksimal sehingga pasien lebih puas dalam mencapai kesembuhan.

 

Baca juga:  Patroli Sehat Ala Detasemen Matra 2 Paskhas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel