Berita

Tenaga Kesehatan Indonesia Harus Berkualitas

Dibaca: 95 Oleh 29 Sep 2014Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Politeknik Kesehatan (Poltekes) TNI AU Ciumbuleuit kembali meluluskan 261 orang ahli madya bidang keperawatan sebanyak 98 orang, kebidanan sebanyak 110 orang, dan farmasi sebanyak 536 orang. Wisuda dilaksanakan di Harris Hotel & Conventions, Bandung. Senin (29/9)

Kasau dalam sambutannya yang dibacakan Wakasau Marsdya TNI Bagus Puruhito menyatakan bahwa lulusan Poltekes yang diwisuda saat ini pada hakekatnya adalah penerus tenaga kesehatan yang profesional, oleh karena itu para lulusan dituntut secara terus menerus mengembangkan diri dan meningkatkan kematangan kepribadian, sehingga menjadi intelektual yang andal di bidangnya.

Berdasarkan sumber dari Kementerian Kesehatan, tahun 2014 tercatat kekurangan sebanyak 7.180 orang tenaga perawat, 3.392 orang tenaga bidan, dan 5.238 orang tenaga farmasi, dimana hanya dimiliki ketersediaan sebanyak 32 tenaga perawat per 100.000 penduduk.

Hal tersebut menjadi peluang bagi para wisudawan untuk mengisi daerah tertentu yang masih minim dalam pelayanan kesehatan. Tidak kalah juga untuk tenaga farmasi yang sangat dibutuhkan bagi rumah sakit, apotek, serta industri farmasi.

Baca juga:  Setetes Darah satu kehidupan

Tenaga medis terutama perawat dari Indonesia kini diminati sejumlah negara di Timur Tengah, yang membutuhkan sekitar 20.000 tenaga perawat. Begitu pula dengan Jepang, mereka menunjukan ketertarikan dengan tenaga medis dari Indonesia karena dianggap berkualitas.

Untuk itu, diharapkan lulusan Poltekes ini dapat menjadi penerus tenaga kesehatan yang profesional, yang dapat menjalankan tanggung jawab dengan baik, dan secara kerkesinambungan mampu mengembangkan diri serta meningkatkan kematangan kepribadian sehingga menjadi intelektual yang handal di bidangnya.

Hadir pada wisuda tersebut Dankoharmatau Marsda TNI Sumarno, Danseskoau Marsda TNI Potler Gultom, Aspers Kasau Marsda TNI Herry Wibowo Eslah, Kadislitbangau Marsma TNI Amiruddin Akhmad, Kasgar II Bandung Marsma TNI Imron Nasution, serta pejabat Poltekes lainnya. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel