Berita

Terbang Malam Di Lanud Suryadarma

Dibaca: 9 Oleh 26 Agu 2016Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Komandan Wing (Danwing) 8 Pangkalan TNI Angkatan Udara Suryadarma Kolonel PNB Sapuan memimpin rapat Tim Pendukung pelaksanaan Terbang Malam Siswa Sekbang ke-90 Jurusan Helikopter dan Latihan terbang malam profisiensi Penerbang Skadron Udara 7 Wing 8 di Ruang Staf Wing 8 Mako Lanud SDM Rabu (24/8).

Sebelum rapat dimulai Danwing 8 menjelaskan sejarah penerbangan pertama dibangun dan dilatih di Lapangan udara Kalijati yang dimulai sejak 30 Mei 1914. Saat itu belum ada Hanggar pesawat untuk tempat merakit dan menyimpan pesawat. Dua unit pesawat Glen Marthin yang diangkut dengan Kereta Api dari Tanjung Priok menuju Pasir Bungur diteruskan untuk dirakit di Lapangan udara Kalijati, yang masih hamparan rumput luas dan beratapkan langit.

Rapat dilakukan untuk mengecek kesiapan seluruh unsur yang terlibat pada terbang malam yang dijadwalkan dilaksanakan mulai hari Senin 29 Agustus sampai Jumat 2 September 2016. Unsur Fasilitas dan Instalasi melaporkan kesiapan seluruh elemen seperti landasan, lampu-lampu penerangan yaitu: 35 buah lampu Runway light; lampu Flood lihgt dan Taxyway light area skadron.

Baca juga:  DIK PARA DASAR DIIKUTI 167 SISWA

Unsur Base operasi melaporkan seluruh elemennya dalam kondisi baik untuk melaksanakan terbang malam, seperti kesiapan tenaga listrik, Staf PLLU, perkiraan cuaca dari hari Senin 29 Agustus sampai hari Jumat 2 September akan terjadi hujan pada sore hari. Kalau terjadi emergency aliran listrik padam maka sudah disiapkan satu unit Gen Set.

“Latihan Terbang malam Helikopter adalah bagian dari operasi, di negara-negara luar kegiatan ini sama dengan terbang di siang hari. Kalau kita tidak melakukan terbang malam maka kita nothing artinya kita tidak berbuat apa-apa untuk Angkatan Udara. Terbang malam bukan berarti terbang gelap gulita akan tetapi kegiatan latihan terbang dilakukan pada malam hari. Semakin banyak instrumen penerangan semakin baik untuk keselamatan terbang”, ungkap Danwing 8.

Kepada masyarakat yang berdiam di wilayah udara rute penerbangan malam ini, kami Tim pelaksana terbang malam Lanud Suryadarma mohon maaf akan mengganggu kenyamanan istirahat malam anda harap maklum. Tugas ini dilakukan hanyalah untuk meningkatkan kemampuan awak Helikopter kita dalam rangka meningkatkan pertahanan negara tercinta.

Baca juga:  Tingkatkan Profesionalisme dan Skill Serta Mengukur Kemampuan Prajurit, Lanud Dhomber Gelar Latihan Menembak

Selanjutnya kami menghimbau agar segala kegiatan di angkasa yang mengganggu dan menghambat kegiatan ini agar tidak dilakukan, seperti kegiatan menembakkan sinar laser ke angkasa saat penerbangan, ini bisa membahayakan keselamatan penerbangan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel