Berita

TERJUN MALAM PASKHASAU DALAM LATIHAN BERSAMA TNI AU DENGAN USAF

Dibaca: 16 Oleh 23 Jun 2011Tidak ada komentar
TERJUN MALAM PASKHASAU DALAM LATIHAN BERSAMA TNI AU DENGAN USAF
#TNIAU 

Dua puluh dua personel dari Batalyon 461 Paskhasau berhasil melaksanakan terjun statik dengan menggunakan pesawat Hercules USAF YJ6 di Lanud Halim Perdanakusuma, pada Rabu malam (22/6), di Detasemen TNI Angkatan Udara, Gorda, Tangerang, terjun malam merupakan salah satu rangkaian Latihan bersama ” Cope West” tahun 2011 antara TNI Angkatan Udara dengan US Air Force, yang pembukaannya dilaksanakan baru-baru ini oleh Wakasau Marsekal Madya TNI Dede Rusamsi.

Sebelumnya ke 22 personel anggota Paskhas telah melaksanakan diskusi kelas dan dilanjutkan dengan latihan kering didalam pesawat Hercules C-130 USAF yang sudah stand by di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma.

Diskusi kelas dan praktek langsung di lapangan ini dipimpin oleh MSgt Jhon Ganon dan MSgt Jason Nuy, keduanya sebagai Jumpmaster dari kesatuan Weather Squadron, Fost Bragg , US. Sedangkan dari paskhasau dipimpin oleh Letda Psk Adim Dwi Prasanda dari Batalyon 461 Paskhasau.

Menurut Letda Psk Adim Dwi Prasanda, pentingnya dilakukan diskusi kelas terlebih dahulu sehingga dapat memahami berbagai tingkat kesulitan yang ada dengan berbagai macam rintangan kondisi medan yang berbeda dari aktifitas ini dijelaskan pula terperinci daftar pemeriksaan yang patut dilakukan oleh seorang Jumpmaster.

Baca juga:  Kadispers Lanud Sutan Sjahrir Ikuti Safari Ramadhan di Masjid Makorem 032 Wirabraja

Salah satunya adalah memeriksa dengan cermat tempat duduk yang memadahi bagi pasukan peterjun, lengkap dengan sabuk pengamananya, memeriksa landasan pesawat agar bersih dan aman untuk dijalani, memeriksa tumpuan loncat keluar dari badan pesawat, pintu keluar harus bersih dari minyak.

Lebih lanjut dijelaskan, seorang jump master memegang peranan yang sangat penting bagi keberhasilan dan keselamatan peterjun, selain tergantung pada kepatuhan setiap instruksi yang dilakukan tentunya.

Kegiatan latihan ini memiliki arti yang sangat berharga bagi ke dua puluh dua anggota Paskhas tersebut sebab menurut keterangan dari Letda Psk Adim penerjunan dengan menggunakan ram door sangatlah jarang dilakukan oleh anggota Paskhasau. Selama ini , lebih sering menggunakan pintu samping pesawat Hercules C-130. Jadi, kesempatan

berharga ini, secara langsung akan meningkatkan kapabilitas dan kemampuan personel didalam meningkatkan profesionalitas sebagi seorang prajurit yang handal.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel