Berita

Terminal Keberangkatan Bandara Abd Saleh Resmi Digunakan

Dibaca: 14 Oleh 26 Jun 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Terminal keberangkatan dan kedatangan Bandara Abdulrachman Saleh resmi dioperasikan pada hari Kamis (25/6) yang dilaunching oleh Menteri Perhubungan RI Ignasius Johan yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara TNI AU, Dirjen Perhubungan Udara dan Pemprof Jatim, disaksikan oleh Pangkoopsau II Marsda TNI Barhim, Komandan Wing 2 Lanud Abd Kolonel Pnb Mochammad Arifin , ST., Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, Rais Syuriah PWNU Jatim KH. Miftahul Akhyar, Kadishub LLAJ Jatim, Wahid Wahyudi, Bupati Malang Rendra Kresna, Walikota Batu Eddy Rumpoko, Wakil Walikota Malang Sutiaji serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya Menhub RI mengatakan, Terminal keberangkatan Bandara Abdulrachman Saleh ini untuk penerbangan malam dalam waktu dekat tidak akan terealisasi karena pertimbangan teknis cuaca dan lingkungan. Sementara untuk perluasan Apron dananya berasal dari APBN. Saat ini Bandara hanya mampu menampung empat pesawat, maka akan bertambah kapasitasnya menjadi tujuh pesawat. Selain itu untuk tahun 2016 mendatang, Bandara akan mendapat fasilitas penambahan panjang landasan pacu dari 2.250 meter menjadi 2.500 meter. Dan untuk penambahan apron tersebut disambut baik oleh sejumlah Maskapai yang memiliki slot di Malang.

Baca juga:  Latihan Pencak Silat Gabungan Seluruh Prajurit TNI Se-Makassar

Gubernur Jatim juga turut menjelaskan bahwa Bandara Abdulrachman Saleh sudah lulus verifikasi Dirjen Perhubungan Udara. Diharapkan Bandara ini dapat digunakan untuk penerbangan internasional, karena penumpang yang melalui Bandara ini setiap harinya 1.700 orang dan mengalami kenaikan 12 % pertahunnya. Maka perpanjangan runway menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan untuk memecah kesibukan Bandara Juanda Surabaya yang sudah mengalami overload. Dikatakannya, Bandara Abdulrachman Saleh menjadi fasilitas penting bagi masyarakat di wilayah Jawa Timur Selatan mulai dari Trenggalek, Tulung Agung, Blitar, Malang hingga Pasuruan.

Dalam kesempatan tersebut Menhub dan para pejabat yang hadir di acara peresmian Bandara melaksanakan peninjauan terlebih dahulu dengan mengamati dan mengelilingi terminal bandara Abdulrachman Saleh yang baru. Menhub juga melakukan perbincangan dengan Pangkoopsau II dan Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh untuk menanyakan seputar perkembangan Bandara Abdulrachman Saleh saat ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel