TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Tes Psikologi Pemegang Senjata Di Lanud Ngurah Rai

By 06 Mar 2018Berita
DSC_4928

TNI AU. Untuk mengantisipasi penggunaan senpi di luar prosedur (protap), sebanyak lima puluh enam anggota Lanud Ngurah Rai mengikuti pemeriksaan psikotes penggunaan senjata api (senpi) yang pelaksanaannya diselenggarakan oleh tim Dinas Psikologi Angkatan Udara (Dispsiau) dari Jakarta. Psikotes dipimpin oleh Kasubsi Selevdik Subdispsidik Dispsiau Mayor Kes Fadilah, MPsi, berlangsung sehari bertempat di Gedung Serba Guna Lanud Ngurah Rai Selasa (6/3).

Selain sebagai antisipasi penggunaan senpi di luar prosedur tetap (protap), tes ini bertujuan untuk mengetahui sampai dimana mental dan kesiapan anggota yang menggunakan senjata benar-benar siap dan tidak labil. Adapun personel yang mengikuti tes tersebut mayoritas dari satuan Pom, dan satuan Intelejen serta personel staf senjata. Test psikologi ini sebagai syarat rekomendasi pemegang senjata api (Senpi), yang dilakukan secara periodik dan evaluasi dalam penggunaan senjata api.

Dengan psikotes ini diharapkan akan dapat menentukan sejauh mana tingkat emosi anggota yang bersangkutan dalam memegang senjata. sehingga dia tidak dengan gampang dan sembarangan dapat menggunakan senjata api tersebut. Karena di tangan yang tidak siap, senjata bisa menimbulkan petaka bagi diri sendiri atau orang lain.

Pemegang senjata harus memiliki kriteria yaitu penyesuaian diri, pengendalian diri, stabilisasi emosi, dan daya tahan stres. Diharapkan dengan kriteria itu, anggota yang memegang senjata api, dapat mengontrol emosinya.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Tes Psikologi Pemegang Senjata Di Lanud Ngurah Rai